Selasa 05 Dec 2023 18:32 WIB

Allah Ciptakan Gunung Sebagai Pemelihara Keseimbangan Bumi

Allah menciptakan gunung-gunung di bumi supaya bumi itu tidak berguncang.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Seorang pengendara motor melintas saat Gunung Marapi memuntahkan material vulkanik saat terjadi letusan di Agam, Sumatera Barat, Indonesia, Senin, 4 Desember 2023. Gunung berapi tersebut memuntahkan kolom abu tebal setinggi 3.000 meter (9.800 kaki) ke langit di letusan mendadak pada hari Minggu dan awan abu panas menyebar beberapa mil (kilometer).
Foto:

Allah juga menciptakan daratan yang dapat digunakan sebagai sarana perhubungan dan transportasi dari suatu negeri ke negeri yang lain. Jalan-jalan itu terbentang mulai dari tepi pantai, menembus hutan-hutan, dan melingkari gunung-gunung, sehingga dengan demikian manusia dapat mencapai tujuannya tanpa tersesat ke tempat lain. 

Itulah sebabnya di akhir ayat ini, Allah SWT menyebutkan bahwa manfaat dari jalan-jalan itu agar manusia mendapat petunjuk. Artinya tidak tersesat tanpa arah tujuan. 

Firman Allah, "Dan Kami telah menjadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh agar ia (tidak) guncang bersama mereka, dan Kami jadikan (pula) di sana jalan-jalan yang luas, agar mereka mendapat petunjuk. (QS Al-Anbiya' Ayat 31)  

Pada Ayat 15 Surat An-Nahl ini juga menyiratkan bagaimana proses geologi berjalan, yang pada dasarnya berupa siklus yang tiada berhenti. Ketika proses erosi terjadi maka seluruh material hasil erosi dihamparkan dan diendapkan pada tempat-tempat yang lebih rendah, bahkan mencapai wilayah-wilayah terendah seperti palung-palung yang terdapat di sebelah barat pulau Sumatera ataupun di selatan pulau Jawa. Kumpulan material akibat erosi selama jutaan tahun ini secara bersamaan dihimpit oleh lempengan-lempengan yang terus bergerak dan lambat laun menghasilkan pegunungan.  

Proses geologi selalu menuju ke keseimbangan yang terukur. Pada pegunungan yang menjulang tinggi, maka beban ini menekan kerak bumi di bawahnya dan menyebabkan kerak bumi menekuk lebih dalam, ibarat sebuah akar yang menunjam dalam dan membuat bumi stabil. 

 

Jadi, di bawah pegunungan terdapat akar yang ketebalannya prororsional dengan beratnya (terukur). Contoh dari fenomena ini adalah di bawah pengunungan Himalaya yang menjulang tinggi terdapat akar yang dalam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement