Senin 04 Dec 2023 17:38 WIB

Inilah Dosa Paling Besar di Antara yang Besar

Sungguh, mereka yang selalu ada untuk kamu adalah kedua orang tua.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Orangtua murid mengantar anaknya ke sekolah di SD Negeri Anyelir 1 Depok ,Jawa Barat, senin (17/7/2023). Wali Kota Depok Mohammad Idris mengeluarkan surat edaran yang mengatur tentang hari pertama masuk sekolah. Salah satu poinnya yaitu mengimbau agar seluruh orang tua bisa mengantar anaknya pada hari pertama masuk sekolah. Selain itu juga memberikan kompensasi waktu kepada ASN di Lingkungan Pemerintah Daerah Kota Depok untuk mengantar putra dan putrinya ke sekolah. Hal ini bertujuan untuk mendukung implementasi Depok sebagai Kota Layak Anak.
Foto:

Allah SWT telah memerintahkan Birrul Walidain (berbakti kepada kedua orang tua) di dalam kitab-Nya yang mulia. Agar hal itu bisa menjadi jalan untuk berterima kasih kepada kedua orang tua, memperbaiki ibadah, mengakui keutamaan kedua orang tua, dan memperkokoh ikatan kecintaan di dalam sebuah keluarga.

Dilansir dari buku Wasiat Rasul Buat Lelaki yang ditulis Muhammad Khalil Itani diterjemahkan Ahmad Syakirin diterbitkan AQWAM, 2013. Dijelaskan bahwa Allah SWT memerintahkan untuk berbakti kepada kedua orang tua setelah perintah untuk beribadah kepada-Nya.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

۞ وَاعْبُدُوا اللّٰهَ وَلَا تُشْرِكُوْا بِهٖ شَيْـًٔا وَّبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا وَّبِذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَالْجَارِ ذِى الْقُرْبٰى وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْۢبِ وَابْنِ السَّبِيْلِۙ وَمَا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُوْرًاۙ

Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun. Berbuat baiklah kepada kedua orang tua, karib kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil, serta hamba sahaya yang kamu miliki. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang sombong lagi sangat membanggakan diri. (QS An-Nisa Ayat 36)

Jika berbakti dan berlaku baik merupakan suatu tuntutan, sebagai wujud terima kasih atas pemeliharaan yang orang tua lakukan. Maka, bagaimana keadaannya orang yang mengganti rasa terima kasih dengan kekufuran, rasa bakti dengan kedurhakaan, kebaikan dengan kejelekan, dan ketaatan dengan kemaksiatan? Sungguh, ia adalah anak durhaka yang membangkang perintah Rabb-nya. Sebab itu, ia berhak mendapatkan azab dan kehinaan di hari kiamat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement