Kamis 16 Nov 2023 05:00 WIB

Armageddon, Pertempuran Besar Muslim dan Israel yang Disebutkan dalam Hadits dan Alkitab

Orang Israel akan berkumpul dengan sekutunya menjelang kiamat.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Hari Kiamat (Ilustrasi)

Pada episode akhir zaman nanti, Isa putra Maryam akan turun untuk menghakimi orang Yahudi atau Israel,Baitul orang-orang Yahudi keturunan Samiri si penyembah sapi, serta semua yang menjadi pendukungnya. Mereka bersama pendukung-pendukungnya akan berkumpul di Gunung Magiddo. 

Di sinilah Dajjal si pendusta besar berperan dalam terwujudnya pertempuran akhir zaman. Di tengah-tengah peperangan itu, Allah hantaman yang keras (al Bathsyah al Kubra) yang menghantam tepat bala tentara Israel. Sehingga mereka terbunuh dengan hebatnya. Puncak dari peperangan itu, Allah menurunkan Isa putra Maryam untuk membunuh Dajjal dan pengikutnya. 

Injil pasal mimpi (16:14-16) menyebutkan: “Roh-roh setan pergi mendapatkan raja-raja di seluruh dunia, untuk mengumpulkan mereka guna peperangan pada hari besar, yaitu hari Allah Yang Maha Kuasa. Lihatlah, Aku datang seperti pencuri. Berbahagialah dia, yang berjaga-jaga dan yang memperhatikan pakaiannya, supaya ia jangan berjalan dengan telanjang dan jangan kelihatan kemaluannya. Lalu dia mengumpulkan mereka di tempat, yang dalam bahasa Ibrani disebut Harmageddon,”. 

Menurut Wisnu Sasongko dalam bukunya itu menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan roh-roh setan adalah Dajjal dan pembantu-pembantunya yang akan menghasut atau propaganda ke seluruh dunia untuk menyerang kaum Muslimin. Sehingga, seluruh kekuatan dunia yang terdiri dari Amerika dan negara-negara Eropa dan Israel serta sekutu-sekutunya akan berdatangan di pangkalan militer Israel di bukit Magiddo. Saat itu markas kaum Muslimin yang dipimpin oleh Al Mahdi berada di Ghuthah di Timur Damaskus, Suriah. 

“Peperangan Armageddon ini mempunyai rentang waktu yang lama. Sehingga menyeret semua negara ke dalam dua poros, yaitu poros kaum kafir yang dipimpin oleh Dajjal dan poros kaum Muslimin yang dipimpin oleh Al Mahdi,” jelas Wisnu Sasongko.

Lebih lanjut ia menuliskan bahwa di tengah-tengah berkecamuknya perang ini, turunlah pertolongan Allah kepada kaum Muslimin yaitu dengan diturunkannya Isa Al Masih putra Maryam. Isa akan turun di menara putih di Timur Damaskus ketika menjelang fajar. Kemudian Isa masuk ke markas kaum Muslimin dan ikut dalam barisan sholat subuh. Setelah itu ia bersama Al Mahdi akan memimpin kaum Muslimin menyerbu seluruh markas kaum kafir, bahkan berhasil membunuh Dajjal dan seluruh orang kafir. 

Menurut Wisnu dalam teks Injil di atas, Isa mengatakan “Lihatlah, Aku datang seperti pencuri. Berbahagialah dia, yang berjaga-jaga dan yang memperhatikan pakaiannya,”. Maksudnya Isa Al Masih mengumpamakan bahwa dia akan datang seperti pencuri. Artinya, Isa akan turun pada malam hari seperti seorang pencuri yang akan datang secara tidak disangka-sangka pada malam hari. Hal ini sesuai dengan hadits nabi Muhammad SAW yang menyebutkan bahwa Isa akan turun nanti di akhir zaman di waktu fajar subuh (di malam terakhir di waktu sebelum subuh) kemudian ikut sholat bersama kaum Muslimin. 

Dikatakan juga oleh Isa bahwa orang yang berbahagia adalah orang yang selalu berjaga-jaga karena merekalah yang akan ditemui oleh Isa. Ternyata, berjaga-jaga dalam bahasa Arab adalah qiyam yaitu sholat malam (Qiyamullail) dan sholat subuh. 

Wallahu'alam

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement