Selasa 14 Nov 2023 13:49 WIB

Rahasia Kalimat Agung yang Diajarkan Rasulullah SAW dan Dibaca Para Nabi Sebelumnya  

Basmalah adalah kalimat agung dengan makna yang mendalam

Ustaz Derry Sulaiman melukis cepat kaligrafi lafaz Basmalah (ilustrasi).  Basmalah adalah kalimat agung dengan makna yang mendalam
Foto:

Basmalah sarat dengan makna dan tanggung jawab. Binatang yang disembelih tidak dengan membaca basmalah pasti haram dimakan karena dikategorikan bangkai. Kita belum pernah meneliti efek fisiologis basmalah dalam penyembelihan binatang. 

Hakikat basmalah sesungguhnya adalah pernyataan kepercayaan Tuhan terhadap manusia sebagai khalifah di muka bumi. 

Perintah membaca basmalah setiap akan melakukan sesuatu, mengingatkan diri kita sebagai representasi Tuhan. Karena itu, dibaca bismillah (atas nama Allah). Dalam ungkapan basmalah terdapat niat. Pekerjaan dan tindakan apa pun yang dilakukan dengan membaca basmalah diharapkan mendapatkan perlindungan, kemudahan, keberhasilan, dan berkah dari Allah SWT. 

Ucapan Bismillahirrahmanirrahim yang disingkat basmalah, mempunyai sejumlah rahasia yang penting dalam memandu kesuksesan hidup umat manusia di dunia dan akhirat. 

Basmalah adalah substansi Alquran. Jika Alquran yang terdiri atas 6.666 ayat, 114 surah, dan 30 juz itu dipadatkan, maka pemadatannya ialah basmalah itu. 

Baca juga: 10 Peluang Pintu Langit Terbuka Lebar, Doa yang Dipanjatkan Insya Allah Dikabulkan

Bahkan, menurut riwayat A-Hafiz ibn Sulaiman ibn Ibrahim al-Qunduzy, sesungguhnya seluruh rahasia kitab-kitab samawi tersimpul dalam Alquran dan kesimpulan Alquran terdapat dalam surat al-Fatihah. 

Kesimpulan surat al-Fatihah terangkum dalam basmalah (Bismillahirrahmanirrahim) dan rahasia basmalah terletak pada titik di bawah huruf ba itu, subhanallah.  

 

*Artikel Imam Masjid Besar Istiqlal Prof KH Nasaruddin Umar di Harian Republika pada 2014  

photo
Keutamaan membaca Basmallah / Bismillah - (Dok Republika)

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement