Ahad 29 Oct 2023 13:14 WIB

Sumpah Pemuda, Alquran Abadikan Kisah Para Pemuda Hebat dalam Sejarah Manusia

Usia muda merupakan masa yang penting menurut Islam

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Alquran. Usia muda merupakan masa yang penting menurut Islam
Foto:

4,5. Nabi Musa dan Nabi Harun

Kisah Nabi Musa paling banyak diceritakan dalam Alquran. Dia adalah nabi yang gagah, kuat, dan berani menentang Firaun. Bersama saudaranya yakni Nabi Harun, Nabi Musa membebaskan Bani Israil dari perbudakan Firaun.  

فَأْتِيَاهُ فَقُولَا إِنَّا رَسُولَا رَبِّكَ فَأَرْسِلْ مَعَنَا بَنِي إِسْرَائِيلَ وَلَا تُعَذِّبْهُمْ ۖ قَدْ جِئْنَاكَ بِآيَةٍ مِنْ رَبِّكَ ۖ وَالسَّلَامُ عَلَىٰ مَنِ اتَّبَعَ الْهُدَىٰ . إِنَّا قَدْ أُوحِيَ إِلَيْنَا أَنَّ الْعَذَابَ عَلَىٰ مَنْ كَذَّبَ وَتَوَلَّىٰ .

Artinya: “Maka datanglah kamu berdua kepadanya (Fir'aun) dan katakanlah: "Sesungguhnya kami berdua adalah utusan Tuhanmu, maka lepaskanlah Bani Israil bersama kami dan janganlah kamu menyiksa mereka. Sesungguhnya kami telah datang kepadamu dengan membawa bukti (atas kerasulan kami) dari Tuhanmu. Dan keselamatan itu dilimpahkan kepada orang yang mengikuti petunjuk. (47) Sesungguhnya telah diwahyukan kepada kami bahwa siksa itu (ditimpakan) atas orang-orang yang mendustakan dan berpaling. (QS Taha: 47-48). 

6. Maryam binti Imran 

Sayyidah Maryam adalah pemudi yang sangat taat dan beriman kepada Allah SWT. Sejak kecil, ia terjaga dari perkara-perkara haram. Saat mudanya, Sayyidah Maryam menyendiri untuk beribadah kepada Allah di Baitul Maqdis. Dari situlah Allah SWT melalui malaikat Jibril mengabarkan pada Maryam tentang nabi Isa yang akan lahir dari rahimnya. 

وَاذْكُرْ فِي الْكِتَابِ مَرْيَمَ إِذِ انْتَبَذَتْ مِنْ أَهْلِهَا مَكَانًا شَرْقِيًّا . فَاتَّخَذَتْ مِنْ دُونِهِمْ حِجَابًا فَأَرْسَلْنَا إِلَيْهَا رُوحَنَا فَتَمَثَّلَ لَهَا بَشَرًا سَوِيًّا

“Dan ceritakanlah (kisah) Maryam di dalam Al Quran, yaitu ketika ia menjauhkan diri dari keluarganya ke suatu tempat di sebelah timur, (16) maka ia mengadakan tabir (yang melindunginya) dari mereka; lalu Kami mengutus roh Kami kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna. (17). (QS Maryam 16-17).   

photo
Infografis Mudah Khatam ALquran - (Dok Republika)

7. Para Pemuda Ashabul Kahfi 

Mereka adalah para pemuda yang memiliki tauhid yang kokoh dan berani melawan tirani kaisar Romawi, Gaius Messius Quintus Decius yang memerintah dalam rentang tahun 249-251 M. Mereka adalah Maximianus, Malchus, Martinianus, Constantinus, Dionysius, Johannes, dan Serapion. 

Sumber lain, Ensiklopedia Britannica, mengungkapkan bahwa tradisi Kristen Barat menamakan mereka sebagai Maximian, Malchus, Marcian, John, Denis, Serapion, dan Constantine. Sedangkan penamaan yang populer di lingkungan tradisi lisan masyarakat Syam, yakni berturut-turut mereka adalah Maximilian, Jamblichus, Martin, John, Dionysius, Antonius, dan Constantine.

Baca juga: Alquran Bolehkan Nepotisme dari Kisah Nabi Musa Tunjuk Nabi Harun Asisten? Ini Kata Pakar

Bahkan selain Antonius, keenam orang tersebut merupakan pejabat penting di lingkungan istana Gubernur Daqyanus. Bahkan dalam Alquran terdapat satu surat yang khusus membahas tentang merekam yakni surat Al Kahf.  

نَحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ نَبَأَهُمْ بِالْحَقِّ ۚ إِنَّهُمْ فِتْيَةٌ آمَنُوا بِرَبِّهِمْ وَزِدْنَاهُمْ هُدًى . وَرَبَطْنَا عَلَىٰ قُلُوبِهِمْ إِذْ قَامُوا فَقَالُوا رَبُّنَا رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ لَنْ نَدْعُوَ مِنْ دُونِهِ إِلَٰهًا ۖ لَقَدْ قُلْنَا إِذًا شَطَطًا . 

Artinya: Kami kisahkan kepadamu (Muhammad) cerita ini dengan benar. Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka, dan Kami tambah pula untuk mereka petunjuk (13). Dan Kami meneguhkan hati mereka diwaktu mereka berdiri, lalu mereka pun berkata, "Tuhan kami adalah Tuhan seluruh langit dan bumi; kami sekali-kali tidak menyeru Tuhan selain Dia, sesungguhnya kami kalau demikian telah mengucapkan perkataan yang amat jauh dari kebenaran" (14)." (QS Al-Kahfi ayat 13-14).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement