Jumat 27 Oct 2023 08:55 WIB

Dahsyatnya Manfaat Sholat Terangkum dalam Ayat-Ayat Alquran Berikut Ini

Alquran mengabadikan keutamaan sholat untuk Muslim

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi sholat. Alquran mengabadikan keutamaan sholat untuk Muslim
Foto:

Karenanya setiap Muslim untuk istiqamah dalam melaksanakan sholat. Dan senantiasa meningkatkan kualitas sholat menjadi kualitas langit. 

Yakni merasa senang dan nyaman untuk melaksanakan sholat sehingga sholat tidak sekadar menggugurkan kewajiban semata. 

Sebesar apapun persoalan yang dihadapi untuk mencari jalan keluarnya melalui sholat. Sebab ketika seseorang mencoba menyelesaikan persoalan melalui sholat maka setiap persoalan akan terasa sangat ringan. Allah SWT berfirman:

فَإِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلَاةَ فَاذْكُرُوا اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِكُمْ ۚ فَإِذَا اطْمَأْنَنْتُمْ فَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ ۚ إِنَّ  الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا

Artinya: "Maka apabila kamu telah menyelesaikan sholatmu, ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya sholat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.”  (QS an-Nisa 103). 

photo
Infografis Rukun Sholat - (Dok Republika)

Allah SWT telah menentukan waktu-waktu sholat sehingga manusia jangan sampai terlalu lama meninggalkan sujud. Maka di antara sholat maktubah yang jaraknya jauh, terdapat sholat-sholat sunnah yang sangat dianjurkan. Seperti antara Isya ke Subuh terdapat sholat tahajud. Lalu antara Subuh ke dzuhur terdapat sholat dhuha. Semua itu merupakan rahasia Allah SWT agar manusia lebih sering bersujud mengingat Allah SWT.  

4. Sholat adalah mengingat Allah SWTT. Dan orang yang mengingat Allah SWT akan memiliki ketenangan dalam kalbunya. Sebagaimana firman Allah SWT berikut: 

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ Artinya: “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS ar-Rad 28). 

Baca juga: Daftar Produk-Produk Israel yang Diserukan untuk Diboikot, Cek Listnya Berikut Ini

Allah SWT menutup semua potensi musibah, bencana, permasalahan yang akan menimpa, ketika seseorang itu mengingat Allah  SWT melalui sholat. 

Dan menggantinya dengan ketenangan dan kedamaian dalam hidup sehingga hidupnya tidak gelisah. 

 

Selain dengan sholat, amalan lain yang dapat menolak bala adalah dengan bersedekah. Maka dari itu seyogianya mengistiqamahkan bersedekah. Sebab dengan sholat dan sedekah mensucikan diri dari dosa dan membuka pintu langit.      

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement