Rabu 25 Oct 2023 18:48 WIB

Rasulullah SAW Serukan Umat Islam Jaga Al Aqsa Palestina dalam Sabda-Sabdanya Berikut 

Masjid Al-Aqsa di Palestina mempunyai kedudukan vital dalam sejarah Islam

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Salju menyelimuti kawasan Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Palestina. Masjid Al-Aqsa di Palestina mempunyai kedudukan vital dalam sejarah Islam
Foto:

Apa maksud أَرْضُ الْمَنْشَرِ وَالْمَحْشَرِ ? Apakah ada hubungannya dengan berkumpulnya seluruh Muslim melawan Yahudi sebelum kiamat? Atau yang dimaksud adalah berkumpulnya manusia di Padang Mahsyar?

Pakar hadits yang juga Kepala Prodi Ilmu Hadits UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, KH Sandi Santosa, menjelaskan bahwa kalimat (أَرْضُ الْمَنْشَرِ وَالْمَحْشَرِ) sebagaimana terdapat pada musnad Imam Ahmad nomor 26343 dan juga terdapat pada Sunan Ibnu Majah 1397 maksudnya adalah penjelasan kepada Baitul Maqdis dan tidak ada hubungannya dengan berkumpulnya umat Muslim melawan Yahudi sebelum kiamat atau berkumpulnya seluruh manusia di Padang Mahsyar. Oleh karenanya menurut kiai Sandi hadits-hadits di atas tidak berbicara tentang tanda-tanda kiamat. 

"Hadits ini jika didalami tidak berbicara tentang tanda-tanda kiamat, jika yang kita simpulkan sebagai Mahsyar (Padang mahsyar) atau jika kita simpulkan dikaitkan dengan peperangan," kata Kiai Sandi kepada Republika.co.id Rabu (25/10/2023) 

photo
Daftar Pelecehan Israel terhadap Masjid Al Aqsa - (middle east monitor)

Oleh karena itu menurut Kiai Sandi dalam Sunan Abu Daud 386 redaksi haditsnya tidak mencantumkan kalimat أَرْضُ الْمَنْشَرِ وَالْمَحْشَرِ. Selain itu menurut Kiai Sandi term أَرْضُ الْمَنْشَر وَالْمَحْشَرِ jika dikaitkan dengan hari kiamat maka fasenya masih beberapa tahap yaitu mulai dari munculnya Imam Mahdi dan kemunculan nabi Isa alaihissalam. Dan dalam konteks hadits di atas tidak dijabarkan baik tersurat atau pun tersirat.  

Dalam hadits di atas ada kalimat فَصَلُّوا فِيهِ فَإِنَّ صَلَاةً فِيهِ كَأَلْفِ صَلَاةٍ فِيمَا سِوَاهُ apakah ini menunjukan keutamaan seperti sholat di Masjid Nabawi? 

Menurut Kiai Sandi, hadits Imam Ahmad nomor 26343 terdapat masalah dalam mata rantai haditsnya. Sementara bila disandingkan dengan hadits Sunan Abi Daud nomor 386 maka tidak terdapat فَصَلُّوا فِيهِ فَإِنَّ صَلَاةً فِيهِ كَأَلْفِ صَلَاةٍ فِيمَا سِوَاهُ. 

Baca juga: Daftar Produk-Produk Israel yang Diserukan untuk Diboikot, Cek Listnya Berikut Ini

"Terkait dengan pahala sholat di Baitul Maqdis yang dinyatakan lebih utama 1000 dari sholat di tempat lain, saya mengawali dengan kualitas hadits ini (Imam Ahmad nomor 26343) sesuai dengan penilaian ulama bahwa hadits ini bermasalah. Setidaknya banyak ulama yang berkomentar negatif atau mata rantai hadits ini," katanya.  

Lalu bagaimana keutamaan sholat di Masjid Al Aqsa? Kiai Sandi menjelaskan ada riwayat dari Abu Darda dalam al-Majma al-Zawaid karya ath-Thabrani dengan redaksinya sebagai berikut: 

عن أبي الدرداء قال رسول الله ﷺ الصلاة في المسجد الحرام بمائة ألف صلاة والصلاة في مسجدي بألف صلاة والصلاة في بيت المقدس بخمسمائة صلاة (رواه الطبراني في الكبير) 

Dari Abu Darda RA dia berkata, “Rasulullah SAW bersabda,”  sholat di Masjidil Haram lebih utama dari 100 ribu sholat di tempat lain. Dan sholat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih utama 1000 sholat di masjid lainnya. Dan sholat di masjid Baitul Maqdis lebih utama dari 500 sholat di masjid lainnya.” (HR ath-Thabrani dalam al-Mu'jam al-Kabir).   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement