Selasa 17 Oct 2023 17:14 WIB

Nabi Muhammad Biasa Membaca Tiga Ayat Ini Sebelum Tidur

Ayat ini dianggap dapat menghilangkan kecemasan dalam hidup.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Alquran
Foto:

Kiai Ahsin kemudian menjelaskan makna yang terkandung dalam surat Al Baqarah ayat 284-286 ini. Pada ayat 284 kata kiai Ahsin, disebutkan bahwa Allah swt mengetahui segala sesuatu baik yang diperlihatkan secara terang-terangan ataupun yang hanya disimpan di dalam hati. Apapun itu kata dia, Allah akan memperhitungkannya dan akan memberikan balasan yang setimpal.

“Amal (perbuatan) yang diperlihatkan maupun amal yang tidak diperlihatkan, semuanya mendapatkan balasan dari Allah, maka akhirnya orang semuanya takut, karena apa yang ada di dalam hati, misalkan  kreteg di dalam hati seseorang itu akhirnya dia juga mendapatkan punishment (balasan),” kata Kiai Ahsin.

Maka kemudian, Nabi saw meminta agar Allah swt tidak memberikan balasan kepada umat Muslim yang melakukan kesalahan yang tidak dia ketahui, tidak disengaja, atau dalam kondisi dipaksa. Lalu turun ayat setelahnya, la yukallifullahu nafsan illa wus'aha laha ma kasabat wa 'alaiha maktasabat.

Nah ini maksudnya, jadi Allah tidak akan memberikan beban kecuali sesuai dengan kemampuan seseorang, kemudian robbana la tuakhidna innasiina aw akhto'na robbana wala tahmil 'alaina.  Nabi saw senang banget ini, karena apabila ada seseorang melakukan sesuatu pelanggaran-pelanggaran tapi dilakukan karena dia lupa atau tidak tahu jika itu salah, jadi jangan sampai Engkau ya Allah membebani dengan punishment, jangan Engkau memberinya siksa, karena dia melakukan sesuatu (kesalahan) karena tidak tahu, karena dia lupa. Kata Allah, ya, aku akan memaafkan mereka-mereka ini,” kata Ahsin.

Jadi kalau seandainya ada seseorang melakukan sesuatu perilaku, tapi karena ketidaktahuan ya tidak akan diberikan siksa. "Misalnya, kita tidak tahu langsung minum ternyata itu minuman keras, ya tidak apa-apa karena tidak tahu, atau kita makan ternyata kita baru tahu kalau yang kita makan ini daging babi, dan kita tidak tahu sebelumnya, ya sudah tidak apa-apa,” kata Kiai Ahsin.

“Jadi (ayat ini) kalau seandainya ini bisa melegakan kita, ya betul juga, jadi Allah memberikan janji untuk mereka yang melakukan suatu perilaku atas dasar ketidaktahuan atau karena dipaksa, tidak diberikan sanksi, jadi kita tenang dalam menjalani kehidupan. Allah memberikan doa ini kepada kita semua supaya dibaca dan agar supaya ditadaburi, sehingga apapun yang dilakukan seseorang asalkan yang penting pertama, karena ketidaktahuan, atau karena terpaksa, atau dipaksa orang lain, atau karena lupa, itu hal-hal seperti itu tidak disanksi oleh Allah,” jelasnya.

“Jadi subhanallah, Allah tidak ingin memberikan beban yang susah bagi kaum muslimin, misalnya seseorang sakit dan dia tidak mampu untuk sholat dengan berdiri, (jangan cemas) ya sudah sholatnya dengan duduk,”  tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement