Selasa 03 Oct 2023 09:01 WIB

Makhluk Melata yang Disebut dalam Alquran Apakah Alien?

Surat Asy Syura ayat 29 menunjukkan adanya makhluk melata di bumi dan langit.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Makhluk Melata yang Disebut dalam Alquran Apakah Alien?
Foto:

Namun, sebagian ulama menafsirkan kata makhluk melata atau Ad-Dabbah tersebut sebagai makhluk yang dibedakan dari malaikat. Hal ini sebagaimana difirmankan Allah dalam surat An-Nahl ayat 49,

وَلِلّٰهِ يَسْجُدُ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِ مِنْ دَاۤبَّةٍ وَّالْمَلٰۤىِٕكَةُ وَهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُوْنَ

Artinya: “Dan kepada Allah sajalah bersujud segala makhluk melata yang berada di langit dan semua makhluk melata di bumi dan (juga) para Malaikat, sedang mereka (Malaikat) tidak menyombongkan diri.” (QS An-Nahl [16]:49).

Sementara itu, Ibnu Abbas ra mengungkapkan bahwa Ad-dabbah adalah hewan yang memiliki rambut dan bulu yang memiliki semua warna dan empat kaki di tubuhnya. Ibnu Abbas juga menerangkan bahwasanya dabbah menyandang semua warna hewan yang ada dan mempunyai karakter semua umat.

Dalam ayat lainnya juga disebutkan Allah menciptakan tujuh langit yang disebut samawat. Kata ini berasal dari kata sama yang bisa diartikan sebagai angkasa yang terdiri dari planet-planet yang wujudnya mirip dengan bumi.

Allah SWT berfirman,

اَللّٰهُ الَّذِيْ خَلَقَ سَبْعَ سَمٰوٰتٍ وَّمِنَ الْاَرْضِ مِثْلَهُنَّۗ يَتَنَزَّلُ الْاَمْرُ بَيْنَهُنَّ لِتَعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ ەۙ وَّاَنَّ اللّٰهَ قَدْ اَحَاطَ بِكُلِّ شَيْءٍ عِلْمًا ࣖ

Artinya: “Allah yang menciptakan tujuh langit dan dari (penciptaan) bumi juga serupa. Perintah Allah berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwa Allah Mahakuasa atas segala sesuatu, dan ilmu Allah benar-benar meliputi segala sesuatu.” (QS At-Talaq [65]: 12)

Sebagian ulama meyakini ayat tersebut semakin memperjelas isyarat adanya wujud alam lain di luar planet bumi yang memiliki kehidupan seperti layaknya manusia. Dari petunjuk-petunjuk yang ada pada Alquran tersebut menguatkan dugaan adanya makhluk asing dari planet lain di jagad raya ini. Namun, para ulama tidak dapat memastikan seperti apa bentuk dari makhluk asing yang disebutkan dalam Alquran tersebut.

Penulis Tafsir Almisbah Prof Quraish Shihab...

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement