Selasa 26 Sep 2023 13:16 WIB

Berapa Jumlah Sendi Tubuh Manusia? Jawaban Rinci Ada di Hadits Ini

Sudah sepatutnya seorang Muslim bersyukur dan memuji Allah SWT.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Umat muslim menunaikan Shalat Idul Fitri 1444H  di Masjid Raya Sheikh Zayed, Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (22/4/2023). Pada tahun ini umat Muslim merayakan Idul Fitri 1444H pada hari  yang berbeda, yakni Jumat (21/4/2023) dan Sabtu (22/4/2023). Shalat Idul Fitri di Masjid Raya Sheikh Zayed merupakan yang pertama usai peresmian pada April silam.
Foto:

Adapun menyingkirkan batu dari jalanan, duri atau tulang dari jalan, maksudnya adalah menghilangkan segala sesuatu yang menimbulkan bahaya atau kerugian bagi orang lain.

Sedangkan maksud dari menyerukan amar ma'ruf dan mencegah kemungkaran, yakni mengajak orang untuk taat mematuhi segala perintah Allah SWT dan juga mengajak berbuat baik kepada sesama manusia. Adapun kemungkaran adalah segala perbuatan dan perkataan buruk yang mengarah pada kemaksiatan kepada Allah SWT. Mungkar adalah nama yang umum untuk segala jenis keburukan.

Karena itu, siapa yang mengerjakan amal shaleh yang telah disebutkan itu atau sejenisnya, maka itu sebanding dengan 360 persendian yang ada pada setiap tubuh manusia. Artinya, dia berjalan di muka bumi sambil dijauhkan dari api neraka.

Hikmah Hadits

Dari hadits tersebut, dapat dipetik sejumlah hikmah. Pertama, manusia diciptakan dengan terdiri dari 360 persendian sehingga sudah sepatutnya seorang Muslim bersyukur dan memuji Allah SWT.

Kedua, ada berbagai pintu ketaatan yang membuat seorang Muslim selamat dari api neraka. Ketiga, Nabi Muhammad SAW menuntun umatnya untuk melakukan segala kebaikan, termasuk taat pada perintah Allah SWT, bersyukur dan memuji Allah dengan kalimat-kalimat dzikir tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement