Kamis 21 Sep 2023 15:32 WIB

11 Fakta Kaum Ad yang Ingkari Dakwah Nabi Hud dan Dibinasakan Allah SWT

Kaum Ad mengingkari risalah tauhid yang didakwahkan Nabi Hud alahissalam

Ilustrasi Kaum Nabi Ad. Kaum Ad mengingkari risalah tauhid yang didakwahkan Nabi Hud alahissalam
Foto:

4. Dalam Tafsierul Quranil Adziem karya Ibnu Katsir, sebagaimana dikutip Sholahuddin Hamid dalam bukunya, Kisah-Kisah Islami, disebutkan kaum ‘Ad benar-benar tidak mau beriman. Mereka tidak mau berhenti berbuat durhaka dan jahat serta berbuat apa saja yang mereka kehendaki. Sifat takabur kaum ‘Ad sudah demikian hebatnya sehingga tidak dapat diubah oleh siapa pun.

5. Saking hebatnya sifat ingkar mereka, Allah SWT memberikan laknat berupa langit dan awan yang hitam pekat. Melihat keadaan yang begitu ganjil, mereka semua keluar rumah untuk melihat awan itu. Akhirnya mereka berkata, “Itulah awan panjang, menandakan sebentar lagi hujan akan turun untuk menyiram tanah tanaman kita, memberi minum kepada binatang-binatang ternak kita.”

Nabi Hud AS lalu berkata kepada mereka, “Itu bukan awan rahmat, tetapi awan yang membawa angin samun yang akan menewaskan kamu semua, angin yang penuh dengan siksa yang sepedih-pedihnya.”

photo
Berapa Lama Alquran Diturunkan? - (Pusat Data Republika)

Kemudian, angin dahsyat itu berembus luar biasa hebatnya. Binatang ternak mereka yang sedang berkeliaran di padang terbang berhamburan. Yang kecil dan yang besar terbang meninggi ke angkasa.

6. Allah SWT mengabadikan kisah azab terhadap kaum Ad dalam Alquran surah al-Haqqah ayat 6-8. Allah SWT Berfirman, “Sedangkan kaum Ad, mereka telah dibinasakan dengan angin topan yang sangat dingin.  Allah menimpakan angin itu kepada mereka selama tujuh malam delapan hari terus-menerus; maka kamu melihat kaum ‘Ad pada waktu itu mati bergelimpangan, seperti batang-batang pohon kurma yang telah kosong (lapuk). Maka adakah kamu melihat seorang pun yang masih tersisa di antara mereka?” (QS al-Haqqah [69]: 6-8).

Baca juga: 8 Fakta tentang Istana Supermegah Firaun yang Diabadikan Alquran

7. Mereka menjadi kaum kedua yang dibinasakan Allah SWT, setelah kaumnya Nabi Nuh AS. Jika kaumnya Nabi Nuh diazab melalui banjir besar, kaum Ad diazab dengan badai pasir yang maha dahsyat selama delapan hari tujuh malam. Sejak saat itu, riwayat kaum Ad berakhir.

8. Adapun Nabi Hud AS dan pengikut-pengikutnya tetap saja di rumah mereka tanpa merasakan sedikit pun bahaya angin ribut yang dahsyat itu. Setelah peristiwa tersebut, Nabi Hud AS pindah dari negeri kaum Ad karena sudah rusak binasa. Nabi Hud AS dan pengikutnya pindah ke daerah Hadramaut dan tinggal di sana hingga wafat.  

9. Berabad-abad setelah kehancuran kaum Ad, manusia berupaya menggali informasi tentang fakta kehancuran tersebut. Sejumlah peneliti berlomba-lomba untuk mengungkap sisa-sisa peninggalan kaum Ad yang diyakini masih tersimpan rapi di dalam gurun pasir.

Pada awal 1990, ilmuwan menemukan...

sumber : Harian Republika
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement