Rabu 20 Sep 2023 10:55 WIB

Dekatkan Mayat dengan Kuburan Orang Saleh dan Jauhkan dari Kuburan Orang Jahat

Tetangga kubur yang saleh akan memberi manfaat bagi tetangga kubur lainnya.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Warga menabur bunga di makam keluarganya saat berziarah di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cikadut, Mandalajati, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (20/3/2023). Menjelang bulan suci Ramadhan, TPU Covid-19 Cikadut ramai dikunjungi peziarah yang datang untuk mendoakan keluarga serta kerabat yang telah wafat.
Foto:

Dalam hadits lainnya:

وعن ابن عباس رضي الله عنه عن النبي ﷺ: إذا مات لأحدكم الميت فحسنوا كفنه ، وعجلوا إنجاز وصيته ، وأعمقوا له في قبره ، وجنبوه جار السوء ، قيل: يا رسول الله وهل ينفع الجار الصالح في الآخرة ؟ قال: هل ينفع في الدنيا؟ قالوا: نعم ، قال: كذلك ينفع في الآخرة. ذكره الزمخشري في كتاب ربيع الأبرار. وخرجه أبو نعيم الحافظ بإسناده من حديث مالك بن أنس عن عمه نافع بن مالك عن أبيه عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: قال رسول الله ﷺ: ادفنوا موتاكم وسط قوم صالحين فإن الميت يتأذى بالجار السوء.

Artinya: Dan diriwayatkan dari Ibnu Abbas r.a. dari nabi Muhammad SAW: Bila salah seorang dari kalian meninggal dunia, hendaknya memperbagus kafan mayit, dan segera memenuhi wasiatnya si mayat, dan memperdalam kuburnya si mayit, dan menjauhkannya dari keburukan tetangga kuburnya. Sahabat bertanya: ya Rasulullah apakah tetangga kubur yang saleh akan memberi manfaat di akhirat? Lalu Rasulullah menjawab dengan bertanya: Apakah tetangga yang saleh bermanfaat ketika di dunia? Sahabat menjawab: ya bermanfaat. Rasul berkata: Seperti itu juga manfaatnya tetangga kubur orang saleh bermanfaat di akhirat. Hadits ini disebutkan az Zamakhsyariy dalam kitab Rabi' al Abrar. Dan diriwayatkan oleh Abu Nu'aim al Hafid dengan disandarkan dari hadits yang diriwayatkan Malik bin Anas dari  pamannya Nafi' bin Malik dari ayahnya dari Abu Hurairah.r.a.  dia berkata: Rasulullah SAW bersabda: makamkanlah mayat-mayat kalian di tengah-tengah orang-orang saleh. Karena sesungguhnya mayit terganggu dengan tetangga kuburnya yang jahat. (Kitab At Tadzkirah halaman 314-315)

Abu Muhammad Abdul Haq dalam kitab Al 'akibat menjelaskan bahwa memakamkan mayat dekat dengan orang-orang saleh agar si mayat mendapatkan keberkahan dari orang-orang saleh tersebut, dan dianjurkan untuk bertawasul dengan kedekatan orang-orang saleh dengan Allah ta'ala. Sebaliknya, jauhkan dari makam orang jahat agar tidak terganggu dengan keadaan orang jahat itu di dalam kuburnya.

قال علماؤنا (أبو محمد عبد الحق في كتابه العاقبة) : ويستحب لك رحمك الله أن تقصد بميتك قبور الصالحين ، ومدافن أهل الخير ، فتدفنه معهم ، وتنزله بإزائهم ، وتسكنه في جوارهم تبركا بهم ، وتوسلا إلى الله عزوجل بقربهم ، وأن تتجنب به قبور من سواهم ممن يخاف التأذي بمجاورته ، والتألم بمشاهدة حاله حسب ما جاء في الحديث.

Para ulama kami yakni Abu Muhammad Abdul Haq dalam kitab Al 'akibat : dan baik bagimu untuk menempatkan mayit di kuburan orang-orang saleh, serta memakamkan dengan orang-orang yang suka berbuat kebaikan, maka makamkanlah mayit dengan mereka. Dan turunkanlah mayit di depan kubur mereka dan letakan mayit di dekat kubur-kubur mereka untuk mendapat keberkahan orang-orang saleh dan suka berbuat kebaikan. Dan bertawasul lah kepada Allah dengan kedekatan orang-orang saleh dan orang-orang yang suka berbuat baik. Jauhkanlah dari kubur orang-orang jahat yang khawatir terganggu oleh tetangga kuburnya yang jahat itu dan merasa terganggu dengan melihat keadaan tetangga kubrunya yang jahat itu, begitu menurut hadits tersebut. (kitab At Tadzkirah halaman 315).

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement