Sabtu 16 Sep 2023 19:14 WIB

Pesan Nabi Muhammad untuk Para Orang Tua dalam Menikahkan Putri Mereka

Nabi Muhammad menganjurkan umatnya untuk menikah.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Erdy Nasrul
Ijab kabul pernikahan.   (ilustrasi)
Foto:

Tanda Berkah Wanita Sholehah

Dalam hadits lain, Nabi Muhammad SAW juga menunjukkan tanda-tanda berkahnya seorang wanita. Rasulullah SAW bersabda: 

عن رسول الله صلوات الله وسلامه عليه قال: (إِنَّ مِنْ يُمْنِ الْمَرْأَةِ: تَيْسِيرَ خِطْبَتِهَا، وَتَيْسِيرَ صَدَاقِهَا، وَتَيْسِيرَ رَحِمِهَا).

"Di antara tanda keberkahan seorang wanita adalah kemudahan pertunangan, kemudahan maharnya, dan kemudah rahimnya." (HR. Ahmad dan Ibnu Hibban) 

Maksud dari tiga poin dalam hadits tersebut ialah wanita yang tidak mempersulit saat dilamar, wanita yang memberikan kemudahan soal besaran mahar, dan wanita yang subur atau mudah melahirkan anak. 

Nabi Muhammad memerintahkan umatnya untuk menikah, hidup berkeluarga, dan melarang hidup membujang. Sebab, dengan melakukan pernikahan, maka akan dijauhi dari fitnah dan dijauhi dari kerusakan yang besar. 

 َوَعَنْهُ قَالَ : ( كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَأْمُرُ بِالْبَاءَةِ , وَيَنْهَى عَنِ التَّبَتُّلِ نَهْيًا شَدِيدًا , وَيَقُولُ : تَزَوَّجُوا اَلْوَدُودَ اَلْوَلُودَ إِنِّي مُكَاثِرٌ بِكُمُ اَلْأَنْبِيَاءَ يَوْمَ اَلْقِيَامَةِ )  رَوَاهُ أَحْمَدُ , وَصَحَّحَهُ اِبْنُ حِبَّانَ 

 

Diriwayatkan dari Anas bin Malik RA dia berkata bahwa Rasulullah SAW memerintahkan kami untuk berkeluarga dan sangat melarang kami membujang. Beliau bersabda, "Nikahilah perempuan yang subur dan penyayang, sebab dengan jumlahmu yang banyak, aku akan berbangga di hadapan para Nabi pada Hari Kiamat." (HR Ahmad, shahih menurut Ibnu Hibban)

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement