Kamis 07 Sep 2023 11:46 WIB

Istri Polisi Probolinggo Maki Anak Magang, Ini Larangan Bersikap Sombong dalam Islam

Bersikap sombong bisa menghapus segala amalan yang telah diperbuat.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Istri Polisi Probolinggo Maki
Foto:

Sikap sombong diartikan sebagai niat untuk melebihi yang lain, serta merasa hebat sendiri karena kemampuannya. Namun, jika ada keinginan agar dipahami berbuat yang terbaik dan memakai yang terbaik dari barang yang ia miliki, demi menjadi orang yang menghargai tatanan dan etika pada sesama sekaligus memuliakan majelis-majelis dengan pakaian yang baik karena Allah SWT semata, bukan termasuk kategori sombong.

Seorang sahabat pernah bertanya kepada Nabi Muhammad SAW:  فَقَالَ رَجُلٌ: إنَّ الرَّجُلَ يُحِبُّ أنْ يَكُونَ ثَوْبُهُ حَسَنًا، ونَعْلُهُ حَسَنَةً؟ قَالَ: ((إنَّ اللهَ جَمِيلٌ يُحِبُّ الجَمَالَ، الكِبْرُ: بَطَرُ الحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ)). رواه مسلم.

"Ya Rasulullah, bagaimana jika ada orang yang suka baju dan sandalnya yang sangat bagus?" Rasul pun bersabda, "Itu bukan keesombongan, sebab sombong itu adalah congkak terhadap kebenaran dan suka merendahkan sesama manusia."

Perilaku sombong juga memiliki bahaya, di antaranya menghapus segala amalan yang telah diperbuat. Rasulullah SAW pernah bersabda, "Adapun amal-amal yang membinasakan adalah berperilaku kikir, mengikuti hawa nafsu dan bersifat sombong.” (HR Thabrani)

Dalam Alquran surat al-Israa' ayat 37, Allah SWT memberi 'ancaman' bagi orang-orang yang bersikpa sombong. “Dan, janganlah engkau berjalan di bumi dengan berlagak sombong, karena sesungguhnya engkau tidak akan dapat menembus bumi dan engkau tidak akan dapat menyamai setinggi gunung-gunung.”

Dari ayat tersebut, sangat jelas bahwa Allah melarang manusia bersikap sombong. Jika manusia tidak mentaati hal tersebut, murka Allah-lah yang akan didapatkan.

Hal ini pun senada dengan sabda Rasulullah SAW, “Tidak akan masuk surga orang yang dalam hatinya ada sifat sombong, walaupun hanya seberat biji sawi.” (HR Muslim)

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement