Selasa 29 Aug 2023 21:57 WIB

Urutan Penyelesaian Perkara Pembunuhan dalam Alquran dan Mengapa Qisas Didahulukan?

Pembunuhan adalah tindak kejahatan dan dosa besar

Rep: Rossi Handayani / Red: Nashih Nashrullah
Pembunuhan (Ilustrasi). Pembunuhan adalah tindak kejahatan dan dosa besar
Foto:

Ibnu Abbas berkata, "Dahulu pada zaman Bani Israil hanya ada hukum qishash, tidak ada hukum membayar diyat. Kemudian Allah berfirman kepada umat Nabi Muhammad:

كُتِبَ عَلَيْكُمُ الْقِصَاصُ فِى الْقَتْلٰىۗ اَلْحُرُّ بِالْحُرِّ وَالْعَبْدُ بِالْعَبْدِ وَالْاُنْثٰى بِالْاُنْثٰىۗ فَمَنْ عُفِيَ لَهٗ مِنْ اَخِيْهِ شَيْء

Yakni, memaafkan dengan menerima bayaran diyat pada kasus pembunuhan yang disengaja.

فَاتِّبَاعٌ ۢبِالْمَعْرُوْفِ وَاَدَاۤءٌ اِلَيْهِ بِاِحْسَانٍ Yakni, dengan memaafkan dengan cara yang baik dan membayar diyat dengan baik pula.

ذٰلِكَ تَخْفِيْفٌ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَرَحْمَةٌ Yakni, keringanan daripada yang ditetapkan bagi orang-orang sebelum kalian.

ۗفَمَنِ اعْتَدٰى بَعْدَ ذٰلِكَ فَلَهٗ عَذَابٌ اَلِيْمٌ Yakni, barangsiapa yang membunuh si pembunuh padahal telah menerima diyat darinya. (Shahih Bukhari, ilmu, bab 39, no 111 Shahih Muslim, haji, bab keutamaan kota Madinah, no. 1370)

Dan dalam hadits marfu' dari Ali bin Abi Thalib: "orang Islam tidak dihukum qishash jika membunuh orang kafir."

Imam Ismail al-Qadhi al-Jahdhami menulis dalam kitabnya "Ahkamul Qur'an" tentang pemaduan antara ayat ini dengan ayat 45 dalam surat al-Maidah:

وَكَتَبْنَا عَلَيْهِمْ فِيْهَآ اَنَّ النَّفْسَ بِالنَّفْسِ Ia mengatakan memadukan antara dua ayat ini lebih utama, sehingga yang dimaksud dalam ayat di surat al-Maidah ini adalah jiwa yang setara tingkatannya. (al-Fath 12/198).

Baca juga: Jangan Lelah Bertobat kepada Allah SWT, Begini Pesan Rasulullah SAW

Hai manusia, dalam hukum qishash ini terdapat kehidupan yang aman dalam masyarakat bagi kalian hai orang-orang yang memiliki akal sehat. Hal ini agar kalian takut terhadap siksa Allah di dunia dan di akhirat.

Yang dimaksud dengan orang-orang yang berakal sehat adalah orang-orang yang taat kepada Allah dan rasul-Nya, sebagaimana firman Allah:

الَّذِيْنَ يَسْتَمِعُوْنَ الْقَوْلَ فَيَتَّبِعُوْنَ اَحْسَنَهٗ ۗ اُولٰۤىِٕكَ الَّذِيْنَ هَدٰىهُمُ اللّٰهُ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمْ اُولُوا الْاَلْبَابِ

 

"(yaitu) mereka yang mendengarkan perkataan lalu mengikuti apa yang paling baik di antaranya. Mereka itulah orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah dan mereka itulah orang-orang yang mempunyai akal sehat." (QS az-Zumar: 18)  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement