Sabtu 26 Aug 2023 13:13 WIB

Alquran Koreksi Teori Proses Reproduksi Manusia Era Plato

Teori tentang proses reproduksi manusia di era Plato tidak sesuai sains.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Alquran Jelaskan Proses Reproduksi Manusia Secara Ilmiah Jauh Sebelum Plato
Foto:

Nabi menjawab, “Bahan untuk reproduksi dari laki-laki berwarna putih dan dari wanita berwarna kuning; yakni warna inti indung telur. Ketika mereka bersanggama dan bahan (kromosom dan gen) laki-laki lebih unggul daripada bahan perempuan, maka Tuhan akan memutuskan terciptanya anak laki-laki. Apabila bahan perempuan lebih unggul daripada bahan laki-laki, maka anak perempuanlah yang ditentukan oleh Allah."

Orang Yahudi itu berkata sebelum pergi, “Apa yang engkau katakan adalah benar adanya; engkau nyata-nyata adalah seorang Nabi.”

Selepas kepergian Yahudi itu, Nabi Muhammad SAW berkata, “Ia menanyakan sesuatu yang tidak aku ketahui hingga Allah memberitahukan jawabannya kepadaku.”

 

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

 

ثُمَّ جَعَلْنٰهُ نُطْفَةً فِيْ قَرَارٍ مَّكِيْنٍ ۖ

ثُمَّ خَلَقْنَا النُّطْفَةَ عَلَقَةً فَخَلَقْنَا الْعَلَقَةَ مُضْغَةً فَخَلَقْنَا الْمُضْغَةَ عِظٰمًا فَكَسَوْنَا الْعِظٰمَ لَحْمًا ثُمَّ اَنْشَأْنٰهُ خَلْقًا اٰخَرَۗ فَتَبَارَكَ اللّٰهُ اَحْسَنُ الْخٰلِقِيْنَۗ

 

Kemudian, Kami menjadikannya air mani di dalam tempat yang kukuh (rahim). Kemudian, air mani itu Kami jadikan sesuatu yang menggantung (darah). Lalu, sesuatu yang menggantung itu Kami jadikan segumpal daging. Lalu, segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang. Lalu, tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian, Kami menjadikannya makhluk yang (berbentuk) lain. Maha Suci Allah sebaik-baik pencipta. (QS Al-Mu'minun Ayat 13 - 14)

 

Penjelasan Alquran dan Nabi Muhammad SAW sejalan dengan penemuan ilmu pengetahuan di era modern ini terkait proses reproduksi manusia.

Dilansir dari buku Penciptaan Manusia dalam Perspektif Alquran dan Sains yang disusun atas kerja sama Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), 2010.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement