Kamis 10 Aug 2023 05:37 WIB

Keutamaan Surat Yasin bagi Orang Meninggal

Keluarga biasanya membaca surat Yasin bagi orang yang meninggal.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
 Keutamaan Surat Yasin bagi Orang Meninggal. Foto:  Surat Yasin
Foto:

Ada juga laporan dari Nabi Muhammad yang menyatakan, "Bacalah Yasin pada orang matimu!" (HR Ahmad)

Sebagian ulama mengartikan hadits ini mengacu pada waktu kematian dan bukan waktu setelah kematian. Meski demikian, hal ini tidak lantas menghentikan siapa pun untuk membacanya, bahkan jika menerima interpretasi di atas.

"Membaca Alquran dengan imbalan pahala untuk tujuan ini adalah tindakan bid'ah (inovasi). Demikian juga, salah juga untuk menganggap ini sebagai bagian dari pemakaman Islam yang ditentukan," kata Sheikh Ahmad Kutty.

Untuk diingat, dalil atau rujukan yang secara spesifik dalam Alquran maupun hadist tentang hal ini tidak ditemukan. Membaca Yasin bagi orang yang sudah meninggal umumnya didasarkan pada tradisi, adat istiadat, maupun praktik umat Muslim yang telah berlangsung selama bertahun-tahun.

Meski demikian, ada ada beberapa hadis yang menggarisbawahi pentingnya membaca Alquran, sebagai doa dan amalan untuk orang yang telah meninggal. Salah satu hadis tersebut berasal dari HR Muslim.

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, "Apabila seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara: sedekah jariyah (amal jariyah), ilmu yang bermanfaat, atau anak sholeh yang mendoakannya." (HR. Muslim)

Merujuk pada hal tersebut, beberapa pihak menilai membaca surat Yasin merupakan bentuk doa kepada Allah SWT. 

Sumber:

 

https://aboutislam.net/counseling/ask-the-scholar/quran-hadith/does-reading-surat-yaseen-benefit-a-deceased-person/

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement