Rabu 09 Aug 2023 16:10 WIB

Sinead O’Connor Dimakamkan Secara Islami, Begini Tata Cara Sholat Ghaib Untuknya

Bacaan sholat ghaib sama saja dengan bacaan sholat jenazah yang bukan ghaib.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Ribuan penggemar Sinead O Connor atau Shuhada Sadaqat berbaris di jalan-jalan saat menyaksikan proses pemakamannya di County Wicklow, Irlandia, Selasa (8/8/2023).
Foto: EPA-EFE/Bryan Meade
Ribuan penggemar Sinead O Connor atau Shuhada Sadaqat berbaris di jalan-jalan saat menyaksikan proses pemakamannya di County Wicklow, Irlandia, Selasa (8/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sinead O’Connor dimakamkan secara Islami di kota asalnya, Dublin, Irlandia, Selasa (8/8/2023). Ia adalah seorang penyanyi dan penulis lagu yang mulai terkenal pada akhir 1980-an dengan album debutnya The Lion and the Cobra.

Sejak Oktober 2018, Sinead O’Connor telah masuk Islam dan mengubah namanya menjadi Shuhada Sadaqat. Lebih dari 3.000 orang diperkirakan berkumpul untuk mengantarkan almarhumah ke peristirahatan terakhirnya.

Baca Juga

BACA JUGA: Isak Tangis Penggemar Iringi Jenazah Sinead O'Connor Sebelum Disholatkan

Walaupun Sinead berada di tempat yang jauh untuk ditakziahi, tapi disunahkan bagi seorang Muslim melakukan sholat ghaib. Sholat sunah ini bisa dilakukan walau sudah lewat seminggu atau lebih dari hari kematiannya.

 

Lalu, bagaimana cara melaksanakan sholat ghaib untuk Sinead O’Connor?

Tata Cara Sholat Ghaib/Jenazah

Dalam buku "Risalah Tuntunan Shalat", Moh Rifai menjelaskan, bacaan sholat ghaib sama saja dengan bacaan sholat jenazah yang bukan ghaib. Hanya niatnya saja disebutkan atas mayit ghaib.

Sholat ghaib bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, baik sendiri maupun berjamaah. Sholat sunah ini dilakukan dengan berdiri (tanpa rukuk dan sujud), empat kali takbir, dan diakhiri dengan salam.

Ingatlah bahwa sholat ghaib adalah sholat yang dilakukan untuk seseorang yang telah meninggal, dan niat serta doa adalah hal yang penting dalam pelaksanaannya. Setiap orang boleh melaksanakan sholat ghaib tanpa memandang laki-laki atau perempuan.

Tata cara sholat ghaib untuk perempuan...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement