Senin 07 Aug 2023 12:32 WIB

Air Zamzam Penuh Keberkahan, Begini Adab dan Doa Minum Air Zamzam

Air zamzam merupakan air terbaik di dunia.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah haji Amer Al Habbal dari Suriah menerima secangkir air Zamzam suci selamat datang pada saat kedatangannya di kamp tenda Mina, selama haji di Mekah, Arab Saudi, Kamis, 7 Juli 2022.
Foto:

Adab dan Doa Minum Air Zamzam

Suwaid bin Sa'id berkata, "Aku melihat Abdullah bin Mubarak di Makkah mendekati air zamzam, kemudian meminta agar diberikan air minum dan menghadap kiblat. Ketika itu, dia berkata, 'Ya Allah, sesungguhnya Ibnu Abi Mawali menceritakan kepada kami dari Muhammad bin Munkadir dari Jabir ra. bahwa Rasulullah bersabda, "(Manfaat) air zamzam itu sesuai dengan niat orang yang meminumnya." Aku meminum air ini dengan niat untuk (menjaga diri dari) kehausan pada hari Kiamat." Setelah itu, Ibnu Mubarak meminumnya.

Imam Ahmad dan Baihaki meriwayatkan sebuah hadits dengan sanad yang shahih, dari Ibnu Abbas ra. bahwa Rasulullah saw bersabda, "(Manfaat) air zamzam itu sesuai dengan niat orang yang meminumnya. Jika engkau meminumnya agar mendapat kesembuhan, Allah akan menyembuhkanmu. Jika engkau meminumnya agar kenyang, Allah akan mengenyangkanmu. Jika engkau meminumnya untuk menghilangkan dahagamu, Allah akan menghilangkan  dahagamu. Air zamzam adalah hasil galian Jibril as dan minuman (yang disediakan oleh) Allah untuk Ismail as." (HR Daruqutni). Hakim menambahkan, "Dan jika engkau meminumnya agar mendapat perlindungan, maka Allah akan melindungimu."

Ketika sedang minum, dianjurkan bernapas tiga kali, menghadap ke arah kiblat, meminumnya sampai kenyang, memuji Allah, dan berdoa dengan doa yang pernah dibaca Ibnu Abbas.

Abdullah bin Mulaikah berkata, "Ada seseorang yang menemui Ibnu Abbas. Ibnu Abbas lantas bertanya kepadanya, 'Dari mana engkau datang?' "Aku tadi meminum air zamzam," jawabnya. "Apakah engkau meminumnya sesuai dengan adab yang semestinya?' tanya Ibnu Abbas.

Lelaki tersebut balik bertanya kepada ibnu Abbas, "Wahai Ibnu Abbas, apa adab yang mesti aku jaga ketika sedang meminumnya? Ibnu Abbas menjawab, Apabila engkau meminumnya, hendaknya menghadap ke arah kiblat, mengingat Allah, bernapas tiga kali, dan kenyangkanlah dirimu dengannya. Jika engkau telah selesai melakukannya, maka pujilah Allah karena Rasulullah saw. telah bersabda, "Yang membedakan di antara kita dan orang-orang munafik adalah mereka tidak mau meminum air zamzam sampai kenyang."

Doa Minum Air Zamzam

Apabila meminum air zamzam, Ibnu Abbas ra. berdoa:

 ٱَللّٰهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً نَافِعاً، وَرِزْقاً وَاسِعاً، وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ

"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas, dan kesembuhan dari setiap penyakit."

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement