Ahad 06 Aug 2023 05:00 WIB

Panji Gumilang Sebut Alquran Perkataan Nabi Muhammad, Ini Bantahan PBNU

PBNU bantah Alquran adalah perkataan Nabi Muhammad.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Panji Gumilang Sebut Alquran Perkataan Nabi Muhammad, Ini Bantahan PBNU. Foto:   Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang
Foto:

Dia mengatakan, memang ada sedikit perbedaan pendapat tentang pertanyaan apakah lafaz Alquran itu dari Nabi atau dari Allah langsung. Namun, kalau masalah Alquran kalam Allah itu sudah disepakati oleh seluruh ulama.

“Kalau Alquran kalamullah itu semuanya ittifaq. Sementara, walaupun tidak menolak itu, menempatkan Alquran oleh Panji Gumilang dan murid-muridnya itu seakan-akan itu adalah murni dari Rasulullah karena (dinyatakan) Qola Rasulullah fil Qur’anil Adzim,” kata Gus Aab.

Seperti diketahui, sebelumnya Panji Gumilang memang sempat membuat pernyataan yang menyesatkan umat. Salah satunya adalah dengan mengucap 'Qola Rasulullah fil Quranil Karim' yang bermakna 'Rasulullah berkata dalam Alquran'.

“Nah ini tidak umum, umat Islam seluruh dunia dari dulu sampai sekarang ndak umum. Semuanya akan tetap menyatakan, Qolallah fi kitabihil karim, seperti itu. Kan itulah yang membedakan antara Alquran dengan hadits nabawi,” kata Gus Aab.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement