Selasa 01 Aug 2023 13:12 WIB

Sejak 14 Abad Lalu, Alquran Juga Isyaratkan Teori Big Bang Terciptanya Alam Semesta

Teori big bang disinggung dalam Alquran surat Al Anbiya ayat 30

Rep: Fuji E Permana / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi big bang. Teori big bang disinggung dalam Alquran surat Al Anbiya ayat 30
Foto:

Sebuah teori ilmu pengetahuan modern juga ada yang menegaskan bahwa sumber kehidupan di bumi berasal atau berawal dari air. Teori ini sejalan juga dengan yang diisyaratkan Surah Al-Anbiya' Ayat 30. Dilansir dari buku Alquran dan Sains yang ditulis KH Ahmad Sarwat Lc dan diterbitkan Rumah Fiqih Publishing, 2021. 

Dalam penjelasan berbeda menurut Tafsir Kementerian Agama terkait Surat Al-Anbiya ayat 30. Dijelaskan bahwa langit dan bumi dulunya merupakan suatu kesatuan yang padu, kemudian Allah SWT pisahkan keduanya.

Bumi sebelum menjadi tempat hidupnya berbagai makhluk hidup adalah sebuah satelit yaitu benda angkasa yang mengitari matahari. Satelit bumi yang semula panas sekali ini karena berputar terus menerus maka lama kelamaan menjadi dingin dan berembun. Embun yang lama menjadi gumpalan air. Inilah yang menjadi sumber kehidupan makhluk.

 

Kehidupan di bumi dimulai dari air

Menurut para ilmuan sains dan teknologi, ada tiga pendapat yang terkait dengan kehidupan yang dimulai dari air. Yaitu pertama, kehidupan dimulai dari air, dalam hal ini laut. Teori modern tentang asal mula kehidupan belum secara mantap disetujui sampai sekitar dua atau tiga abad yang lalu.

Sebelum itu, teori yang mengemuka mengenai asal mula kehidupan adalah suatu konsep yang diberi nama “generasi spontan.” Dalam konsep ini disetujui bahwa makhluk hidup ada dengan spontan ada dari ketidakadaan.

Baca juga: Ketika Kabah Berlumuran Darah Manusia, Mayat di Sumur Zamzam, dan Haji Terhenti 10 Tahun

Teori ini kemudian ditentang oleh beberapa ahli di sekitar tahun 1850-an, antara lain oleh Louis Pasteur. Dimulai dengan penelitian yang dilakukan oleh Huxley dan sampai penelitian masa kini, teori lain ditawarkan sebagai alternatif.

Teori ini percaya bahwa kehidupan muncul dari rantai reaksi kimia yang panjang dan komplek. Rantai kimia ini dipercaya dimulai dari dalam air laut, karena kondisi atmosfer saat itu belum berkembang menjadi kawasan yang dapat dihuni mahluk hidup karena radiasi ultraviolet yang terlalu kuat.

Diperkirakan, kehidupan bergerak menuju daratan pada 425 juta tahun yang lalu saat lapisan ozon mulai ada untuk melindungi permukaan bumi dari radiasi ultraviolet.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement