Jumat 21 Jul 2023 03:05 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Menumbuhkan Semangat Baru di Tahun Baru

Orang yang berusaha meningkatkan ketaatan akan mendapat balasan istimewa dari Allah.

Sejumlah peserta membaca Al Quran saat Bogor Ngaos (Ngaji) Al Quran di Taman Sempur, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (19/7/2023). Kegiatan Bogor Ngaos Al Quran ketiga yang diikuti sekitar seribu peserta dari wilayah Kota dan Kabupaten Bogor tersebut dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriah sekaligus untuk mendakwahkan dan mensyiarkan membaca Al Quran bagi umat Islam.
Foto:

Ma’asyiral Muslimin jamaah Jumat yang dirahmati Allah

Terus semangat dalam meningkatkan ketakwaan dan kebaikan menjadi salah satu tanda bahwa mereka merupakan manusia terbaik. Hal ini sebagaimana ditegaskan oleh Rasulullah, bahwa suatu saat ia ditanya oleh para sahabat perihal paling baik dan buruknya manusia.

Kemudian nabi menjelaskan bahwa manusia terbaik adalah mereka yang oleh Allah diberikan umur yang panjang kemudian ia gunakan umur tersebut untuk melakukan kebaikan. Sebaliknya, paling buruknya manusia adalah mereka yang diberikan umur yang panjang, namun panjangnya umur tersebut digunakan untuk keburukan.

Berkaitan dengan hal ini, Rasulullah saw dalam salah satu haditsnya bersabda:

خَيْرُ النَّاسِ مَنْ طَالَ عُمْرُهُ وَحَسُنَ عَمَلُهُ وَشَرُّ النَّاسِ مَنْ طَالَ عُمْرُهُ وَ سَاءَ عَمَلُهُ

Artinya, “Paling baiknya manusia adalah orang yang dikaruniai umur panjang dan baik (benar) perbuatannya. Sedangkan paling buruknya manusia adalah orang yang panjang umurnya dan jelek perbuatannya.” (HR at-Tirmidzi)

Ma’asyiral Muslimin jamaah Jumat yang dirahmati Allah

Mengutip pendapat Imam Ibnu Rajab al-Hanbali dalam kitab Lathaiful Ma’arif fima li Mawasimil ‘Am minal Wazhaif, bahwa bertambahnya umur dan kebaikan menjadi barometer keimanan seseorang, karena orang-orang yang beriman akan terus bertambah kebaikannya seiring dengan bertambahnya umur,

فَالْمُؤْمِنُ الْقَائِمُ بِشُرُوْطِ الْإِيْمَانِ لَا يَزْدَادُ بِطُوْلِ عُمْرِهِ إِلاَّ خَيْرًا وَمَنْ كَانَ كَذَلِكَ فَالْحَيَاةُ خَيْرٌ لَهُ مِنَ الْمَوْتِ

Artinya, “Maka orang beriman yang menunaikan semua ketentuan-ketentuan iman, tidak akan bertambah dari panjangnya umur selain (juga bertambah) kebaikan. Dan, siapa saja yang bisa seperti ini, maka hidup (di dunia) lebih baik baginya daripada mati.”

sumber : https://islam.nu.or.id/khutbah/khutbah-jumat-menumbuhkan-semangat-baru-di-tahun-baru-CA6cw
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement