Senin 17 Jul 2023 12:54 WIB

Sering Merasa Kurang & Banyak Kemauan? Bacalah Doa Minta Berkah Berikut ini

Doa ini merupakan permohonan kepada Allah memberkahi hidup kita.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi berdoa bersama anak. Foto: Tahta Aidilla/Republika
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Ilustrasi berdoa bersama anak. Foto: Tahta Aidilla/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam berdoa, seseorang dianjurkan menyebut Asmaul Husna. Sebab di dalam Asmaul Husna terkandung rahasia dan keutamaan bagi yang membacanya. Allah SWT berfirman: 

وَلِلَّهِ ٱلْأَسْمَآءُ ٱلْحُسْنَىٰ فَٱدْعُوهُ بِهَا ۖ وَذَرُوا۟ ٱلَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِىٓ أَسْمَٰٓئِهِۦ ۚ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

Baca Juga

Artinya: Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan (Alquran surat Al A'raf ayat 180). 

Ada sebuah doa yang dapat dibaca sebelum melafalkan Asmaul Husna. Yakni doa memohon keberkahan dari Asmaul Husna. Doa ini terdapat dalam kitab al khulashoh fi adzkarin wa ad'iyatin waaridatin wa matsuratin yang disusun Habib Umar bin Muhammad bin Salim Al Hafidz. Berikut doanya: 

اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ بِأَسْمَائِكَ الْحُسْنَى وَكَلِمَاتِك التَّامَّاتِ مَا عَلِمْنَا مِنْهَا وَمَا لَمْ نَعْلَمْ ؛ أَنْ تَغْفِرَ لَنَا ولاحبَابنَا أَبَدًا وَلِلْمُسْلِمِينَ كُلُّ ذَنْبٍ ، وَتَسْتُرُ لَنَا كُلّ عَيْبٍ ، وَتَكْشِف عَنّا كُلَّ كَرْبٍ ، وَتَصْرِف وَتَرْفَع عَنَّا كُلَّ بَلَاءٍ ، و تُعَافِينَا مِنْ كُلِّ مِحْنَةٍ وَفِتْنَةٍ وَشِدَّةٍ فِي الدَّارَيْنِ ، وَتَقْضِي لَنَا كُلَّ حَاجَةٍ فِيهِمَا ، يَا مَنْ هُوَ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ ، يَا عَالِمَ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ سُبْحَانَكَ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ ، أَسْأَلُكَ بِاسْمِكَ الْأَعْلَى الْأَعَزِّ الْأَجَلِ الْأَكْرَمِ ، يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ ، وَالْمَوَاهِبِ الْعِظَامِ

Allahumma inna nasaluka biasmaaikal husna wakalkmatikat taaammati ma 'alimna minha wa maa lam na'lam, an taghfiro lanaa waliahbaabina abadan walilmuslimiyna kulli dzanbin, watasturo lana kulli 'aibin, wataksyifa 'anna kulli karbin, wa tasrif watarfa'a 'anna kulla balaai, watu'aafiyana min kulli mihnatin wa fitnatin wasyiddatin fiydaaroini, wa taqdiylana kulla haajatin fiyhima, yaa man huwallahul ladzi laa Ilaha Illa huwa, ya 'aalimul ghoibi was syahadati subhanaka laa Ilaaha Illa anta ya dzal jalali wal ikhroomi, asaluka bismikal a'laal a'azil ajallil akromi, ya dzal jalali wal ikhroomi, wal mawahibil idzoomi. 

Artinya: Ya Allah sesungguhnya kami memohon kepada-Mu dengan (berkah dari) nama-nama indah-Mu dan ayat-ayat sempurna-Mu, dari apa yang kami ketahui dan yang tidak kami ketahui, ampunilah dosa kami, dan dosa orang-orang yang kami cintai selamanya, serta dosa kaum Muslimin, tutupilah semua kesalahan kami, hindarkanlah dari kami setiap malapetaka, berikanlah kami keamanan dari setiap bencana, kesengsaraan dan kesulitan di dunia dan akhirat dan penuhilah segala kebutuhan kami di dunia dan akhirat. Wahai Yang Dia adalah Allah. Tidak ada Tuhan selain Dia, Wahai Yang Mengetahui yang terlihat dan yang gaib. Kemuliaan bagi-Mu. Tidak ada Tuhan selain Engkau. Ya Tuhan Yang Maha Agung dan Mulia. Aku memohon kepada Engkau dengan Nama Teragung-Mu, Maha Perkasa, Maha Besar, dan Maha Mulia, Wahai Pemilik Keagungan dan Kemuliaan dan anugerah yang agung. 

 

Setelah membaca doa ini kemudian dilanjutkan dengan membaca Ya Allah sebanyak 200 kali dan dilanjutkan dengan membaca 99 Asmaul Husna. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement