Selasa 20 Jun 2023 18:38 WIB

Mengupas Ayat Alquran tentang Haji: Al Hajj Ayat 27

Haji merupakan ibadah pemersatu umat Islam dari berbagai belahan dunia.

Rep: Mabruroh/ Red: Erdy Nasrul
Umat islam berjalan meninggalkan Masjidil Haram usai melaksanakan shalat zuhur di Mekah, Arab Saudi, Senin (19/6/2023). Umat islam dari seluruh dunia telah memadati Masjidil Haram untuk melaksanakan umrah dan shalat fardhu menjelang wukuf di Arafah pada 27 Juni 2023 di puncak pelaksanaan ibadah haji.
Foto:

Pendapat ini sesuai pula dengan riwayat Ibnu 'Abbas dari Zubair yang menerangkan, bahwa tatkala Ibrahim as selesai membangun Ka'bah, Allah memerintahkan kepadanya, "Serulah manusia untuk mengerjakan ibadah haji."

Ibrahim as menjawab, "Wahai Tuhan, apakah suaraku akan sampai kepada mereka?" Allah berkata, "Serulah mereka, Aku akan menyampaikannya." Maka Ibrahim naik ke atas bukit Abi Qubais, lalu mengucapkan dengan suara yang keras, "Wahai sekalian manusia, sesungguhnya Allah benar-benar telah memerintahkan kepadamu sekalian mengunjungi rumah ini, supaya Dia memberikan kepadamu surga dan melindungi kamu dari azab neraka, karena itu tunaikanlah olehmu ibadah haji itu."

Maka suara itu diperkenalkan oleh orang-orang yang berada dalam tulang sulbi laki-laki dan orang-orang yang telah berada dalam rahim perempuan, dengan jawaban, "Labbaika, Allahumma labbaika".

Maka berlakulah "talbiyah" dengan cara yang demikian itu. Talbiyah ialah doa yang diucapkan orang yang sedang mengerjakan ibadah haji atau umrah, doa itu ialah, "Labbaika, Allahumma Labbaika."

Al-Hasan berpendapat bahwa...Lihat halaman berikutnya >>>

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement