Rabu 14 Jun 2023 06:36 WIB

Doa Bagi Sesama Muslim Agar tidak Saling Dengki

Hubungan seorang Muslim dengan Muslim lain seperti bangunan yang saling menguatkan.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Berdoa. Ilustrasi. Doa Bagi Sesama Muslim Agar tidak Saling Dengki
Foto:

Mereka saling mendoakan agar diampuni Allah segala dosa-dosanya, baik yang sekarang, maupun yang terdahulu. Selain itu, ayat itu mengajarkan bahwa kaum Muslimin wajib mencintai para sahabat Rasulullah, karena mereka telah memberikan contoh dalam berhubungan yang baik dengan sesama manusia.

Jika seseorang ingin hidupnya bahagia di dunia dan di akhirat, hendaklah mencontoh hubungan persaudaraan yang telah dilakukan kaum Muhajirin dan Ansar itu.

Ayat ke-10 ini mempunyai hubungan erat dengan ayat sebelumnya yaitu ayat ke-9. Oleh karena itu, maksud ayat tersebut ialah menjelaskan bagaimana hubungan orang-orang Muhajirin yang telah meninggalkan kampung halaman, keluarga, dan harta mereka di Makkah dengan orang-orang Ansar yang beriman yang menerima orang-orang Muhajirin dengan penuh kecintaan dan persaudaraan di kampung halaman mereka.

Ini mereka lakukan semata-mata untuk mencari keridhaan Allah dan bersama-sama menegakkan agama Allah serta menunjukkan iman mereka yang benar. Demikian pulalah hendaknya hubungan kaum Muslimin yang datang sesudahnya. Hendaklah mereka tolong-menolong dan mempererat persaudaraan dalam meninggikan kalimat Allah.

Dari ayat ini dapat dipahami bahwa hubungan orang yang sedang berhijrah dan penduduk negeri yang menerima mereka, dapat menimbulkan hubungan persaudaraan yang kuat di antara manusia, asal dalam hubungan itu terdapat unsur-unsur keimanan, keikhlasan, dan tolong-menolong, seperti yang telah dilakukan kaum Muhajirin dan kaum Ansar.

Dalam situasi ini terdapat kesempatan yang paling banyak bagi seorang mukmin untuk melakukan berbagai perbuatan yang membentuk sifat-sifat takwa dan diridhai Allah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement