Selasa 13 Jun 2023 16:50 WIB

Shalawat dari Syekh Kholil Agar Dikumpulkan dengan Orang Saleh

Sebaik-baik perkumpulan adalah perkumpulan dengan orang-orang saleh.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Shalawat dari Syekh Kholil Agar Dikumpulkan dengan Orang Shaleh. Foto: Dzikir Nasional  (ilustrasi)
Foto: Republika TV
Shalawat dari Syekh Kholil Agar Dikumpulkan dengan Orang Shaleh. Foto: Dzikir Nasional (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebaik-baik perkumpulan adalah perkumpulan dengan orang-orang saleh. Sebab berkumpul dengan orang-orang saleh akan membuat diri semakin termotivasi untuk menambah amal kebaikan.

Selain itu kumpul dengan orang-orang saleh menjadi penyejuk dan obat hati, sebab dari orang-orang saleh tersebut akan memperoleh wejangan dan nasihat menyikapi berbagai persoalan hidup sehingga hati menjadi selamat dari berbagai penyakit-penyakit hati.

Baca Juga

Ada sebuah shalawat yang berisi doa agar dikumpulkan dengan orang-orang saleh. Berikut redaksinya:

ﺍَﻟﻠّٰﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠَﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﺻَﻠَﺎﺓً ﺗَﺠْﻌَﻠُﻨَﺎ ﺑِﻬَﺎ ﻣِﻦْ ﺍَﻫْﻞِ ﺍﻟْﻌِﻠْﻢِ ﻇَﺎﻫِﺮًﺍ ﻭَ ﺑَﺎﻃِﻨًﺎ ﻭَ ﺗَﺤْﺸُﺮُﻧَﺎ ﺑِﻌِﺒَﺎﺩِﻙَ ﺍﻟﺼَّﻠِﺤِﻴْﻦَ ﻓِﻲ ﺩُﻧْﻴَﺎﻧَﺎ ﻭَ ﺍُﺧْﺮَﺍﻧَﺎ ﻭَ ﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ ﻭَ ﺻَﺤْﺒِﻪِ ﻭَ ﺳَﻠِّﻢْ

Allahumma sholli 'ala sayyidina Muhammadin sholatan taj'aluna biha min ahli Ilmi dhohiron wa bathinan wa tahsyuruna biibadika sholihiyna fi dunyana wa ukhrinaa wa 'ala aalihi washohbihi wa sallim

Artinya: Ya Allah berikanlah shalawat dan salam kepada junjungan kita Sayyidina Muhammad SAW. yang dengan shalawat tersebut Engkau jadikan kami termasuk dari golongan ahli ilmu baik dzohir maupun bathin dan Engkau kumpulkan kami bersama hamba-hamba-Mu yang sholeh baik di dunia maupun di akhirat dan atas para keluarganya dan para sahabatnya.

Shalawat ini digubah oleh Syekh Muhammad Kholil bin Abdul Lathif, atau Mbah Kholil Bangkalan. Syekh Kholil adalah salah satu ulama termasyhur dari tanah Madura yang hidup antara abad ke-19 sampai abad ke-20. Banyak ulama-ulama besar di Tanah Air yang memiliki sanad keilmuan kepada Syekh Kholil.

Shalawat sykeh Kholil ini dapat ditemukan dalam kitab Ithaful Khillan. Shalawat ini berisi doa agar menjadi orang-orang yang senantiasa berkumpul bersama orang-orang saleh dan orang-orang yang berilmu baik secara lahir maupun bathin. 

photo
Infografis Tiga Kondisi Doa - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement