Jumat 02 Jun 2023 00:26 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Larangan Berbuat Dzalim di Bulan Dzulqa’dah

Semua amal ibadah yang kita lakukan pada bulan ini akan dilipatgandakan oleh Allah.

Umat muslim melaksanakan ibadah shalat Jumat pertama bulan Ramadhan 1443 H di Masjid Agung Islamic Centre Lhokseumawe, Aceh, Jumat (8/4/2022).
Foto:

Ma’asyiral Muslimin jamaah Jumat yang dirahmati Allah,

Perbuatan dzalim pada dasarnya tidak pernah mendapatkan legalitas dalam ajaran Islam. Kita semua dilarang oleh Allah untuk berbuat dzalim di bulan apa pun, hanya saja melakukan perbuatan maksiat dan perbuatan dzalim pada bulan Dzulqa’dah dan bulan haram lainnya sangat besar dosanya, dan Allah sangat membenci orang-orang yang melakukan perbuatan tersebut.

Hal ini sebagaimana ditegaskan dalam Al-Qur’an, Allah berfirman:

 وَجَزَاءُ سَيِّئَةٍ سَيِّئَةٌ مِثْلُهَا فَمَنْ عَفَا وَأَصْلَحَ فَأَجْرُهُ عَلَى اللَّهِ إِنَّهُ لا يُحِبُّ الظَّالِمِينَ

Artinya, “Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang setimpal, tetapi barangsiapa memaafkan dan berbuat baik (kepada orang yang berbuat jahat) maka pahalanya dari Allah. Sungguh, Dia tidak menyukai orang-orang dzalim.” (QS Asy-Syura [42]: 40)

Selain tidak disukai oleh Allah, perbuatan dzalim juga akan menjadi kegelapan kelak di hari kiamat. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad saw, yaitu:

 اتَّقُوْا اللهَ، وَإِيَّاكُمْ وَالظُّلْمَ، فَإِنَّ الظُّلْمَ ظُلُمَاتٌ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Artinya, “Bertakwalah kalian semua kepada Allah, dan takutlah kalian dari perbuatan dzalim, karena sesungguhnya kedzaliman itu akan menjadi kegelapan pada hari kiamat.” (HR Abdullah bin Umar)

sumber : https://islam.nu.or.id/khutbah/khutbah-jumat-larangan-berbuat-dzalim-di-bulan-dzulqa-dah-6rc2V
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement