Selasa 30 May 2023 20:51 WIB

Merasakan Hati Terus Diawasi Allah Bisa Memudahkan Hamba Mengerjakan Amal

Orang yang mengontrol hati dan jasadnya sehingga merasa terus diawasi oleh Allah.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Merasakan Hati Terus Diawasi Allah Bisa Memudahkan Hamba Mengerjakan Amal. Foto: Bertaubat. Ilustrasi
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Merasakan Hati Terus Diawasi Allah Bisa Memudahkan Hamba Mengerjakan Amal. Foto: Bertaubat. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang-orang yang dapat mengontrol hati dan jasadnya sehingga merasa terus diawasi oleh Allah SWT (muroqobatul qolb) maka akan terhindar dari keburukan sekaligus  akan mudah untuk mengerjakan segala perintah-perintah Allah SWT baik yang fardhu maupun yang sunah.

Orang yang dapat menyelamatkan hatinya akan sadar bahwa Allah selalu mengawasinya setiap saat baik apa-apa yang dilakukan oleh anggota badannya ataupun apa-apa yang ada dalam isi hatinya.

Baca Juga

Sebab tak ada satu pun yang dapat luput dari pengawasan Allah SWT. Sebagaimana dijelaskan oleh Imam Al Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah bahwa Allah Ta'ala dapat melihat isi hati hambaNya, mengetahui apa yang dikerjakan secara lahiriah oleh seorang hamba serta mengetahui apa yang disembunyikan dalam batin seorang hamba.  

Ke mana pun manusia pergi dan bersembunyi maka tak akan bisa menghindar dari pengawasan Allah. Sebab Allah mengetahui, melihat, mengawasi semuanya yang ada di langit dan bumi.  

 

ولن تصل أيها الطالب إلى القيام بأوامر الله تعالى إلا بمراقبة قلبك وجوارحك في لحظاتك وأنفاسك، حين تصبح إلى حين تمسى. فاعلم أن الله تعالى مطلع على ضميرك، ومشرف على ظاهرك وباطنك، ومحيط بجميع لحظاتك، وخطراتك، وخطواتك، وسائر سكناتك وحركاتك. وأنك في مخالطتك وخلواتك متردد بين يديه. فلا يسكن في الملك والملكوت ساكن، ولا يتحرك متحرك، إلا وجبار السموات والأرض مطلع عليه . يعلم خائنة الأعين وما تخفي الصدور، ويعلم السر وأخفى.

Artinya: Dan engkau tak akan sampai wahai para penuntut ilmu pada menegakan perintah-perintah Ta'ala kecuali dengan memperhatikan hati (mengontrol dan memberi peringatan bahwa diri diawasi Allah, agar hati selalu dalam pengawasan Allah) dan anggota badan di setiap waktu dan setiap napas dari sejak subuh hingga saat masuk sore. Maka ketahuilah sesungguhnya Allah Ta'ala senantiasa melihat hati nuranimu serta memantau lahiriah dan batiniahmu, dan pengawasan Allah meliputi semua waktumu, gerak hatimu, langkahmu dan semua diam dan gerakmu. Dan sungguh engkau baik dalam keadaan ramai maupun menyendiri, sejatinya engkau hanya mondar-mandir di depan Allah. Tiada perkara yang diam di alam dunia dan di alam malakut dan tiada perkara yang bergerak melainkan Allah Yang Maha Perkasa di semua langit dan bumi senantiasa melihat pada apa pun yang bergerak dan diam. Allah mengetahuinya mata-mata yang berkhianat, dan apa pun yang disembunyikan hati, dan mengetahui rahasia dan apa yang tersembunyi. 

photo
Infografis Tanda Orang Sabar dan Taubat - (Republika.co.id)

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement