Selasa 30 May 2023 18:07 WIB

Mengapa Surat Al Waqiah Disebut Juga Surat Kekayaan? Ini Penjelasannya    

Surat Al Waqiah dianjurkan dibaca untuk memperlancar rezeki

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Surat Al Waqiah. Surat Al Waqiah dianjurkan dibaca untuk memperlancar rezeki
Foto: Harian Republika/ Muhyiddin
Surat Al Waqiah. Surat Al Waqiah dianjurkan dibaca untuk memperlancar rezeki

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Imam Asy Syaukani dalam Fath Al-Qadir menjelaskan tafsir Surat Al Waqiah. Penjelasannya dimulai dengan menukilkan riwayat-riwayat hadits tentang keutamaan surat tersebut.

وأخْرَجَ أبُو عُبَيْدٍ في فَضائِلِهِ وابْنُ الضُّرَيْسِ، والحارِثُ بْنُ أبِي أُسامَةَ، وأبُو يَعْلى، وابْنُ مَرْدَوَيْهِ، والبَيْهَقِيُّ في الشُّعَبِ عَنِ ابْنِ مَسْعُودٍ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ ﷺ يَقُولُ: مَن قَرَأ سُورَةَ الواقِعَةِ كُلَّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فاقَةٌ أبَدًا

Baca Juga

Diriwayatkan dari Ibnu Masud, dia mendengar Nabi Muhammad SAW bersabda, "Siapa yang membaca Surat Al Waqiah setiap malam, maka tidak akan ditimpa kemiskinan selamanya."

Hadits tersebut dikeluarkan Al Bayhaqi, Ibn Mardawayh, Abu Ya'la, Al Harits bin Abi Usama, dan Ibn Al Durais.

 

Dalam hadits lain, juga dijelaskan bahwa Al Waqiah adalah surat yang dapat mendatangkan rezeki, atau surat kekayaan. 

وأخْرَجَ ابْنُ عَساكِرَ عَنِ ابْنِ عَبّاسٍ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ ﷺ قاالَ: سُورَةُ الواقِعَةِ سُورَةُ الغِنى، فاقْرَءُوها وعَلِّمُوها أوْلادَكم» .

Dalam riwayat Ibnu Abbas, Nabi SAW bersabda, "Surat Al Waqiah adalah Surat Kekayaan, maka bacalah dan ajarkanlan kepada anak-anak kalian." (Hadits ini dikeluarkan Ibn Asakir) 

Tidak hanya itu, bahkan Rasulullah SAW juga memerintahkan untuk mengajarkan kepada para wanita mengenai Surat Al Waqiah. 

وأخْرَجَ الدَّيْلَمِيُّ عَنْ أنَسٍ قالَ: قالَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ: عَلِّمُوا نِسائَكم سُورَةَ الواقِعَةِ فَإنَّها سُورَةُ الغِنى»

Dari Anas bin Malik RA, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Ajarkanlah wanita kalian Surat Al Waqiah, karena itu adalah Surat Kekayaan." (Dikeluarkan oleh Ad-Dailami) 

Apa yang dimaksud dengan Surat Kekayaan (Surat Al Ghina)? Surat Al Waqiah adalah surat yang biasa dibaca Nabi SAW pada waktu sholat Subuh. 

Aisyah RA juga menganjurkan para wanita untuk membaca surat tersebut, karena ada keutamaan yang besar di dalamnya dan merupakan surat terbaik untuk memperlancar rezeki. 

Baca juga: Mualaf Lourdes Loyola, Sersan Amerika yang Seluruh Keluarga Intinya Ikut Masuk Islam

Dengan tekun membaca Surat Al Waqiah dan menghayati ayat demi ayatnya, maka akan mencegah seseorang dari kemiskinan dan kemelaratan. 

Surat itu melancarkan rezeki, sebagaimana sebutan Rasulullah SAW pada surat tersebut: Surah Al Ghina atau Surat Kekayaan. 

Seorang Muslim yang membaca Surat Al Waqiah juga tidak akan digolongkan sebagai orang-orang lalai. Karena di dalamnya terdapat peringatan di antaranya tentang betapa ngerinya Hari Kebangkitan atau Hari Kiamat kelak, dan Hari Penghitungan.

Surat Al Waqiah dapat dibaca pada waktu melaksanakan sholat malam atau di sepertiga malam, atau di antara waktu sholat Subuh sampai terbitnya matahari. Boleh juga membaca surat tersebut pada setiap Jumat.

 

Sumber: Furqan, Elbalad

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement