Selasa 30 May 2023 17:22 WIB

Tafsir Surat Al Hajj Ayat 36: Berqurban Cara Kita Bersyukur kepada Allah

Berqurban merupakan bentuk ibadah kita kepada Allah SWT dan sangat dianjurkan.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Pedagang dan peternak sapi melakukan tawar menawar harga di Pasar Hewan Kandangan, Ngawi, Jawa Timur, Selasa (30/5/2023). Banyaknya pedagang dari Bojonegoro, Magetan, Madiun, dan Sragen yang mendatangi pasar hewan tersebut untuk membeli sapi dan dijual lagi sebagai hewan kurban menyebabkan harga sapi naik, seperti sapi dengan bobot 200 kilogram harganya kini meningkat dari Rp18 juta menjadi Rp20 juta per ekor. Tafsir Surat Al Hajj Ayat 36: Berqurban Cara Kita Bersyukur kepada Allah
Foto:

Jika seseorang tidak mendapatkan unta atau sapi, ia boleh menggantinya dengan tujuh ekor kambing berdasarkan hadits.

"Dari Ibnu 'Abbas RA bahwa Nabi SAW telah didatangi seseorang, ia berkata, 'Sesungguhnya telah wajib atasku menyembelih unta atau sapi, sedangkan aku orang yang sanggup melakukannya, tetapi aku tidak mendapatkannya untuk kubeli.' Maka Rasulullah menyuruhnya membeli tujuh ekor kambing, kemudian ia menyembelihnya" (HR Ahmad dan Ibnu Majah dengan sanad yang sahih).

Allah memerintahkan agar menyebut nama Allah pada waktu penyembelihan. Dari ayat ini dapat dipahami bahwa haram hukumnya menyebut nama selain Allah waktu menyembelihnya.

Apabila binatang qurban telah disembelih, telah roboh dan diyakini telah benar-benar mati, maka kulitilah, makanlah sebagian dagingnya, dan berikanlah sebagian yang lain kepada fakir miskin yang meminta dan yang tidak meminta karena mereka malu melakukannya. Tentu saja memberikan (daging) seluruhnya adalah lebih baik dan lebih besar pahalanya.

Orang-orang Arab jahiliyah tidak mau memakan daging qurban yang telah mereka sembelih, maka dalam ayat ini Allah membolehkan kaum Muslimin memakan daging kurban mereka.

Demikianlah Allah telah memudahkan penguasaan binatang qurban bagi orang-orang yang beriman, padahal binatang itu lebih kuat dari mereka. Yang demikian itu dapat dijadikan pelajaran agar manusia bersyukur kepada Allah atas nikmat yang telah dilimpahkan kepada mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement