Jumat 26 May 2023 05:39 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Sapu Jagat

Berdoa menjadi salah satu cara agar diri terhindar dari sikap dan sifat yang tercela.

 Umat muslim saling berpelukan usai menunaikan sholat Idul Fitri di Kuala Lumpur, Malaysia,Sabtu (22/4/2023). Naskah Khutbah Jumat: Sapu Jagat
Foto:

Adapun dalam tafsir At-Tanwir jilid 2 hlm. 180, disebutkan bahwa apabila seseorang dalam doanya hanya meminta soal kebahagiaan di dunia saja, maka Allah SwT akan memberinya tanpa memiliki bagian di akhirat kelak. Sebaliknya, jika hamba tersebut meminta kebahagiaan di akhirat, maka Allah Swt juga memberinya bahagia di dunia, hal ini sebagaimana dalam firman-Nya, QS. Asy-Syura: 20.

“Siapa yang menghendaki kebahagiaan di akhirat, akan Kami tambah keuntungan itu baginya (dengan keuntungan dunia), dan siapa yang menghendaki kebahagiaan di dunia, Kami berikan kepadanya sebagian dari kebahagiaan dunia dan tidak ada baginya suatu bahagianpun di akhirat,”

Jamaah Jumat Rahimakumullah

Doa yang dikenal oleh masyarakat kita sebagai doa ‘sapu jagad’ tersebut, bahkan menjadi salah satu doa yang paling banyak dibaca oleh Rasulullah, sebagaimana keterangan dari sahabat Nabi mulia yang banyak meriwayatkan hadis, Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu.

Dikisahkan juga oleh Anas bin Malik, bahwa suatu ketika Baginda Rasulullah saw. menjenguk salah seorang yang sedang sakit, kondisi fisiknya terlihat lemah dan memperihatinkan. Rasulullah menanyakan kepadanya, apakah ia tidak berdoa atau memohon sesuatu kepada Allah.

Kemudian dijawab bahwa ia pernah berdoa, “Ya Allah siksa yang kelak Engkau berikan kepadaku di akhirat, segerakanlah untukku di dunia,” Demi mendengar jawaban dari orang tersebut, maka Rasulullah bertasbih -mensucikan Allah, seraya menyampaikan bahwa orang tersebut tidak akan mampu atau tidak akan kuat menanggung hukuman Allah itu, lalu Rasulullah bersabda:

اَفَلَا قُلْتَ اللَّهُمَّ آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً، وفي الآخِرَةِ حَسَنَةً، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ …

Mengapa engkau tidak mengucapkan: Duhai Allah, berilah kami kebaikan di dunia juga kebaikan di akhirat, serta lindungi kami dari adzab neraka (HR. Muslim).

Setelah mendengar nasihat Rasulullah, orang tersebut berdoa sebagaimana yang diajarkannya itu, sehingga Allah SwT memberikan kesembuhan baginya.

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/2023/05/25/sapu-jagad/
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement