Ahad 21 May 2023 14:32 WIB

Cuaca Makkah Hingga 44 Derajat Celsius, Jamaah Haji Diminta Jangan Sepelekan

Jamaah haji jangan lupa memakai alat pelindung seperti topi, kacamata, dan payung.

Rep: Agung Sasongko/ Red: Ani Nursalikah
Cuaca kota Makkah terpantau panas dengan rentang suhu udara 35-44 derajat Celsius dari pagi hingga sore hari, Ahad (21/5/2023). Cuaca Makkah Hingga 44 Derajat Celsius, Jamaah Haji Diminta Jangan Sepelekan
Foto: Republika/Agung Sasongko
Cuaca kota Makkah terpantau panas dengan rentang suhu udara 35-44 derajat Celsius dari pagi hingga sore hari, Ahad (21/5/2023). Cuaca Makkah Hingga 44 Derajat Celsius, Jamaah Haji Diminta Jangan Sepelekan

REPUBLIKA.CO.ID, Laporan Jurnalis Republika.co.id Agung Sasongko dari Makkah

MAKKAH -- Cuaca kota Makkah terpantau panas dengan rentang suhu udara 35-44 derajat Celsius dari pagi hingga sore hari. Dari pantauan Republika.co.id via aplikasi pada Ahad (21/5/2023) tercatat suhu udara pada pagi hari berkisar 35 derajat Celsius dan berangsur naik hingga 44 derajat Celsius di sore hari.

Baca Juga

Saat ini, posisi Republika.co.id di Hotel Manarat Almina Hotel, yang lokasinya berada tak jauh dari Kantor Daerah Kerja Makkah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi di kawasan Syisyah, Kota Makkah. Lokasi ini berjarak 3 Km dari Masjidil Haram.

Cuaca di kawasan ini cenderung terik dan berangin. Sinar matahari terik menyengat kulit. Mata pun terasa perih dan silau jika tidak menggunakan kacamata.

Dengan kondisi ini, Republika.co.id menyarankan jamaah untuk nantinya menggunakan alat pelindung diri seperti topi, kacamata, payung, dan jangan lupa alas kaki. Jamaah agar selalu membawa tempat minum. Tujuannya adalah agar jamaah selalu minum setiap saat guna menghindari dehidrasi.

Seperti diberitakan sebelumnya, 489 Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi diberangkatkan ke tanah suci. Mereka naik pesawat dari Bandara Soekarno Hatta Tangerang pukul 10.00 WIB. Sebanyak 498 PPIH itu terdiri dari 100 petugas haji Daerah Kerja (Daker) Bandara, 248 petugas haji Daker Madinah, 12 petugas di Kantor Urusan Haji (KUH) Jeddah, serta 129 tenaga kesehatan.

Acara pelepasan petugas ini dilakukan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Sabtu pagi. Hadir dalam acara pelepasan, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Sadzily, Irjen Kemenag Faisal Ali Hasyim, Staf Khusus Menteri Agama Ishfah Abidal Aziz dan Wibowo Prasetyo. Hadir pula jajaran Eselon II Ditjen PHU Kemenag Kakanwil Kemenag DKI Jakarta Cecep Khairul Anwar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement