Selasa 09 May 2023 04:40 WIB

Nasib Koruptor di Hari Kiamat, tak Mendapat Pertolongan Rasulullah

Rasulullah tak bisa sedikitpun menolong koruptor di hari kiamat.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
 Nasib Koruptor di Hari Kiamat, tak Mendapat Pertolongan Rasulullah. Foto:  Ilustrasi Kiamat
Foto: Republika/Mufti Nurhadi
Nasib Koruptor di Hari Kiamat, tak Mendapat Pertolongan Rasulullah. Foto: Ilustrasi Kiamat

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Orang yang melakukan korupsi akan mendapat balasan yang setimpal kelak di Hari Kiamat. Nabi Muhammad SAW pun telah memperingatkan tentang bahaya dan akibat melakukan korupsi.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA dalam Shahih Muslim, dia mengatakan, suatu hari Nabi Muhammad SAW berpidato di hadapan para sahabat dan berbicara soal penggelapan (korupsi).

Baca Juga

Nabi Muhammad SAW menyampaikan bahwa penggelapan itu suatu perkara yang besar dan mempunyai akibat yang besar pula. Nabi SAW bersabda, "Kelak di hari kiamat, janganlah kutemukan salah seorang kamu (yang menggelapkan atau korup) datang memikul di kuduknya unta yang sedang melenguh-lenguh.

Lalu dia berkata, "Ya Rasulullah! Tolonglah aku!" Lalu Nabi SAW menjawab, "Aku tidak kuasa sedikit pun menolongmu. Bukankah dahulu telah kukatakan kepadamu?"

 

Nabi SAW bersabda lagi, "Kelak di hari kiamat, janganlah kutemukan salah seorang kamu (yang menggelapkan atau korup) memikul di kuduknya kuda yang meringik-ringik. Lalu dia berkata, "Ya, Rasulullah! Tolonglah aku!" Lalu Nabi SAW menjawab, "Aku tak kuasa sedikit pun menolongmu. Bukankah dahulu telah kukatakan kepadamu?"

Nabi berkata kembali, "Kelak di hari kiamat, janganlah kutemukan salah seorang kamu memikul di kuduknya kambing yang mengembek-ngembek. Lalu dia berkata, "Ya, Rasulullah! Tolonglah aku!" Lalu Nabi SAW menjawab, "Aku tidak kuasa sedikit pun menolongmu. Bukankah dahulu telah kukatakan kepadamu?"

Kemudian Nabi Muhammad berkata lagi, "Kelak di hari kiamat janganlah kutemukan salah seorang kamu memikul orang berteriak-teriak di kuduknya. Lalu dia berkata, "Ya, Rasulullah! Tolonglah aku!" Lantas beliau SAW menjawab, "Aku tidak bisa sedikit pun menolongmu. Bukankah dulu telah kukatakan kepadamu?"

Nabi SAW bersabda lagi, "Kelak di hari kiamat, janganlah kutemukan salah seorang kamu datang kepadaku membawa selembar kain berkibar-kibar di kuduknya, lalu dia berkata, "Ya, Rasulullah! Tolonglah aku!" Lalu beliau SAW menjawab, "Aku tidak bisa sedikit pun menolongmu. Bukankah dulu telah kusampaikan kepadamu?"

Terakhir, Nabi SAW berkata, "Kelak di hari kiamat, janganlah kutemukan salah seorang kamu memikul harta kekayaan berupa emas dan perak di kuduknya, lalu dia berkata, "Ya Rasulullah! Tolonglah aku!" Kemudian beliau SAW menjawab, "Aku tidak bisa sedikit pun menolongmu. Bukankah dahulu telah kukatakan kepadamu?"

photo
Infografis Tujuh Golongan yang Selamat Saat Hari Kiamat - (Republika.co.id)

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement