Rabu 03 May 2023 13:17 WIB

Tiga Zikir Ketika Matahari Naik Hingga Tenggelam

Zikir merupakan upaya dekat dengan Allah.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi siswa sekolah berzikir.
Foto: ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Ilustrasi siswa sekolah berzikir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Allah menganjurkan hambanya untuk selalu berzikir dalam berbagai kesempatan. Ketika dalam keadaan bahagia, sedih, dalam keadaan mendapatkan musibah atau sebaliknya, mendapatkan rezeki dan nikmat, selalu ada anjuran untuk mengingat Allah.

Mengutip Kitab Induk Doa dan Zikir Al Adzkar Imam An Nawawi menjelaskan tiga zikir yang dapat dibaca ketika matahari mulai naik, tergelincir hingga asar, dan tenggelam.

Baca Juga

Pertama, ketika matahari naik sepenggal

Kami telah meriwayatkan dalam kitab Ibnus Suni, dari Umar bin Abasyah ra., dari Rasulullah saw. bahwa beliau bersabda: "Tidaklah matahari naik sepenggal dan di sana terdapat makhluk Allah, kecuali dia bertasbih kepada Allah swt. memuji kepada-Nya, kecuali syaitan keturunan Adam yang bengis. Aku bertanya tentang makhluk-keturunan Adam yang bengis, beliau menjawab: 'Makhluk-makhluk yang jahat."

Kedua, Zikir setelah matahari tergelincir hingga waktu asar

Dan disunnahkan memperbanyak doa dan zikir setelah tergelincirnya matahari berdasarkan hadis yang terdapat dalam kitab Sunan at- Tirmidzi dari riwayat Abullah bin Said ra. bahwa sungguh Rasulullah saw. mendirikan shalat empat rakaat setelah tergelincirnya matahari, sebelum shalat Zuhur, beliau bersabda: "Sungguh pada waktu tersebut dibukakan pintu-pintu langit, maka aku suka melakukan agar amal-amal saleh naik ke sana."

Imam Tirmidzi mengatakan bahwa hadis ini hasan.

Dianjurkan juga setelah mendirikan shalat Zuhur berdasarkan Firman Allah swt., QS. Ghafir yang artinya: "Dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu petang dan pagi." (QS. Ghafir: 55)

Para ulama pakar bahasa mengatakan: "al-asyiyyu" adalah waktu antara tergelincirnya matahari hingga terbenam. Imam Abu Mansur al- Azhari mengatakan: "al-asyiyyu" dalam bahasa Arab adalah waktu antara tergelincirnya matahari hingga terbenam.

Ketiga, Zikir setelah asar hingga matahari terbenam

Sunnah memperbanyak zikir setelah shalat Asar dan akhir dari waktu siang berdasarkan firman Allah swt. sebagai berikut:

وَٱذْكُر رَّبَّكَ فِى نَفْسِكَ تَضَرُّعًا وَخِيفَةً وَدُونَ ٱلْجَهْرِ مِنَ ٱلْقَوْلِ بِٱلْغُدُوِّ وَٱلْءَاصَالِ وَلَا تَكُن مِّنَ ٱلْغَٰفِلِينَ

"Dan sebutlah nama Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri, dan dengan suara yang lirih, bukan dengan suara yang keras, di waktu pagi dan petang." (QS. an-Nur: 36)

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement