Dompet Dhuafa Siapkan Layanan Servis Ponsel Gratis di Terminal Kp Rambutan

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Kamis 20 Apr 2023 17:52 WIB

Kondisi Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur pada Kamis (20/4/2023). Pemudik terpantau masih berdatangan dan memadati terminal. Foto: Republika/Alkhaledi Kurnialam Kondisi Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur pada Kamis (20/4/2023). Pemudik terpantau masih berdatangan dan memadati terminal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemudik yang akan berangkat ke kampung halaman melalui Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, tahun ini dimudahkan dengan adanya berbagai layanan penunjang. Layanan servis ponsel hingga layanan kesehatan diberikan gratis oleh Dompet Dhuafa yang membuat pusat layanan pemudik di fasilitas tersebut.

General Manager Divisi Kesehatan Dompet Dhuafa Yeni Purnamasari mengatakan, Terminal Kampung Rambutan merupakan salah satu dari tujuh tempat program layanan mudik pada tahun ini. Khusus untuk terminal ini, pihaknya membuka layanan servis handphone untuk membantu pemudik. 

"Ada layanan kesehatan ada layanan service handphone ada charge handphone gratis. Nanti kita juga akan bagi-bagi takjil, di beberapa tempat malah ada yang pangkas rambut, ada pijat, ada ruang ramah anak. Kalau di sini karena memang space juga terbatas kita menyesuaikan dengan tempatnya," jelas Yeni, Kamis (20/4/2023).

Menurutnya, program ini dilaksanakan dengan sinergi bersama berbagai pihak. "Ini kita gabungan dari teman-teman layanan kesehatan cuma-cuma, kemudian institut kemandirian, lalu ada teman-teman LPM,"katanya.

Yeni menjelaskan, sejauh ini belum ada kasus pemudik dengan sakit parah. Para pemudik tahun ini kebanyakan mengeluhkan gangguan kesehatan seperti ISPA hingga maag.

"Kalau ada informasi yang sakit kita datangi, kita standby terus dan kita berikan obat-obatan dasar yang bisa dilakukan. Kalau memerlukan rujukan kita sudah siapkan ambulans,"ujarnya. 

Layanan mudik dari Dompet Dhuafa ini dikatakannya akan berlangsung hingga Kamis (20/4/2023). "Layanan mudik ini kita dari tanggal 18 sampai tanggal 20, jadi 3 hari,"tuturnya.

Terpopuler