ASDP Sulap Lahan Parkir Kosong Pelabuhan Ciwandan Jadi Tollgate Buat Pemudik

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Friska Yolandha

Senin 17 Apr 2023 18:22 WIB

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memastikan kenyamanan dan keamanan para pemudik motor dari wilayah Jawa yang akan menyeberang ke Sumatera melalui Pelabuhan Ciwandan, Banten. Foto: Republika/Bowo Pribadi PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memastikan kenyamanan dan keamanan para pemudik motor dari wilayah Jawa yang akan menyeberang ke Sumatera melalui Pelabuhan Ciwandan, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memastikan kenyamanan dan keamanan para pemudik motor dari wilayah Jawa yang akan menyeberang ke Sumatera melalui Pelabuhan Ciwandan, Banten. Corporate Seceretary ASDP, Shelvy Arifim menuturkan, pihaknya telah bekerja sama dengan PT Pelindo (Persero) selaku pengelola pelabuhan untuk menyiapkan akses fasilitas pendukung selama musim mudik Lebaran tahun ini.

Salah satunya, lahan parkir kosong di Pelabuhan Ciwandan yang disulap menjadi tollgate bagi para pemudik motor. "Pelabuhan Ciwandan menjadi prasarana yang disiapkan untuk melayani pemudik motor dari Jawa menuju Sumatera, dengan rute Ciwandan-Bakauheni dan Ciwandan-Panjang," kata Shelvy dalam keterangannya, Senin (17/4/2023).

Baca Juga

Beberapa fasilitas yang telah disediakan di area Pelabuhan Ciwandan antara lain adalah ruang tunggu, ruang ibu menyusui, ruang bermain anak, dan toilet portabel yang terbagi baik di sudut area parkir motor maupun di jalan masuk menuju dermaga.

Adapun ruang tunggu penumpang yang disediakan dilengkapi dengan kursi yang nyaman, fasilitas pendingin udara, serta charging center bagi para pemudik yang ingin mengisi daya perangkat elektronik mereka.

Tidak hanya itu, ASDP juga menyiapkan ruangan khusus Ibu Menyusui bagi para Ibu yang hendak memberikan ASI. "Sejumlah 40 toilet portabel juga telah disediakan dan terbagi baik di sudut area parker motor maupun di jalan masuk menuju ke dermaga, sehingga para pemudik tidak kesulitan saat mencari toilet selama menunggu waktu penyeberangan," ujarnya.

Terpopuler