Selasa 04 Apr 2023 16:33 WIB

BIJB Kertajati Siap Layani Penerbangan ke Malaysia

Rute penerbangan dari Kertajati ke Malaysia dan sebaliknya akan dibuka Mei 2023.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, akan melayani rute penerbangan Kertajati (KJT)-Kuala Lumpur (KUL) dan sebaliknya mulai Mei 2023.
Foto: Dok. Humas BIJB
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, akan melayani rute penerbangan Kertajati (KJT)-Kuala Lumpur (KUL) dan sebaliknya mulai Mei 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA — Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, akan melayani rute penerbangan ke Malaysia dan sebaliknya mulai Mei 2023. Adanya penerbangan internasional itu disebut makin melengkapi layanan di BIJB Kertajati.

Direktur PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (PT BIJB) Muhamad Singgih mengatakan, penerbangan internasional rute Kertajati (KJT)-Kuala Lumpur (KUL) itu dioperasikan maskapai AirAsia Berhad. “Dijadwalkan beroperasi dua kali dalam seminggu, yakni mulai 17 Mei sampai 25 Oktober 2023,” ujar Singgih, dalam siaran persnya, Selasa (4/4/2023).

Pengoperasian rute internasional itu disebut berdasarkan surat Penetapan Pelaksanaan Rute Penerbangan Luar Negeri yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kamis (30/3/2023) Surat penetapan tersebut menandakan BIJB Kertajati siap melayani penerbangan internasional maupun domestik.

Penerbangan internasional itu juga sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 42 Tahun 2022 dan Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 88 Tahun 2022, serta Surat Edaran (SE) Satgas Covid-19 Nomor 25 Tahun 2022, yang menjadikan BIJB Kertajati sebagai salah satu entry point atau pintu masuk perjalanan luar negeri.

BIJB Kertajati masih menjadi satu-satunya bandara di Provinsi Jawa Barat yang menjadi pintu masuk perjalanan luar negeri.

“Ketetapan terkait dengan Bandara Kertajati sebagai entry point ini menjadikan pelayanan di Bandara Kertajati semakin optimal. Selain dapat melakukan penerbangan internasional, domestik, dan kargo berjadwal, juga dapat melayani penerbangan tidak berjadwal,” kata Vice President of Corporate Secretary and General Administration PT BIJB, Dian Nurrahman. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement