Senin 03 Apr 2023 09:33 WIB

Tiga Tempat Manusia Bertemu Nabi Muhammad untuk Meminta Syafaat di Hari Kiamat 

Orang-orang yang beriman akan dipertemukan dengan Rasulullah SAW.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi kaligrafi Nabi Muhammad. Tiga Tempat Manusia Bertemu Nabi Muhammad untuk Meminta Syafaat di Hari Kiamat 
Foto: Dok Republika
Ilustrasi kaligrafi Nabi Muhammad. Tiga Tempat Manusia Bertemu Nabi Muhammad untuk Meminta Syafaat di Hari Kiamat 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kelak pada hari kiamat tidak ada satu orang pun yang dapat memberikan syafaat kecuali Nabi Muhammad SAW. Meski begitu hanya orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya yang akan mendapat syafaat dari Nabi Muhammad SAW. 

Orang-orang yang beriman akan dipertemukan dengan Rasulullah SAW. Terlebih umat Nabi Muhammad SAW yang beriman dan menjalankan ajaran Rasulullah serta memiliki mahabbah yang besar kepada Nabi Muhammad SAW. Namun demikian, di mana orang-orang yang beriman bertemu Rasulullah pada hari kiamat kelak? Tentang ini sudah pernah ditanyakan sahabat kepada Rasulullah SAW. 

Baca Juga

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan melalui jalur Anas bin Malik bin an Nadlir bin Dlamdlom bin Zaid bin Haram Rasulullah menjelaskan ada tiga tempat bagi orang yang beriman untuk bertemu dengan Rasulullah agar memperoleh syafaatnya, yaitu di shirath, di dekat mizan, dan di dekat telaga.    

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الصَّبَّاحِ الْهَاشِمِيُّ حَدَّثَنَا بَدَلُ بْنُ الْمُحَبَّرِ حَدَّثَنَا حَرْبُ بْنُ مَيْمُونٍ الْأَنْصَارِيُّ أَبُو الْخَطَّابِ حَدَّثَنَا النَّضْرُ بْنُ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ عَنْ أَبِيهِ قَالَ سَأَلْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يَشْفَعَ لِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَقَالَ أَنَا فَاعِلٌ قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ فَأَيْنَ أَطْلُبُكَ قَالَ اطْلُبْنِي أَوَّلَ مَا تَطْلُبُنِي عَلَى الصِّرَاطِ قَالَ قُلْتُ فَإِنْ لَمْ أَلْقَكَ عَلَى الصِّرَاطِ قَالَ فَاطْلُبْنِي عِنْدَ الْمِيزَانِ قُلْتُ فَإِنْ لَمْ أَلْقَكَ عِنْدَ الْمِيزَانِ قَالَ فَاطْلُبْنِي عِنْدَ الْحَوْضِ فَإِنِّي لَا أُخْطِئُ هَذِهِ الثَّلَاثَ الْمَوَاطِنَ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ لَا نَعْرِفُهُ إِلَّا مِنْ هَذَا الْوَجْهِ

 

Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Ash Shabbah Al Hasyimi telah menceritakan kepada kami Badal bin Al Muhabbir telah menceritakan kepada kami Harb bin Maimun Al Anshari Abu Al Khaththab telah menceritakan kepada kami An Nadlr bin Anas bin Malik dari ayahnya berkata: Aku meminta Nabi ﷺ agar memberiku syafaat pada hari kiamat. 

Beliau bersabda, "Aku akan melakukannya." 

Ia bertanya: Wahai Rasulullah, ke mana aku mencari baginda? Beliau menjawab, "Carilah aku pada saat pertama kali kau mencari di atas shirath." Ia bertanya: Bila aku tidak bertemu dengan baginda di atas shirath? Beliau menjawab, "Carilah aku di dekat mizan." Ia bertanya: Bila aku tidak bertemu dengan baginda di dekat mizan? Beliau menjawab, "Carilah aku di dekat telaga, karena aku tidak luput dari tiga tempat itu." 

Berkata Abu Isa: Hadits ini hasan gharib, kami hanya mengetahuinya melalui jalur sanad ini. (HR. Tirmidzi), Wallahu'alam 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement