Rabu 29 Mar 2023 17:10 WIB

Tawaran Naik Gaji Jadi Strategi Dortmund untuk Bisa Pertahankan Bellingham

Namun, ada mekanisme pasar yang bisa membuat Dortmund terpaksa melepas Bellingham.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Gelandang Borussia Dortmund dan timnas Inggris, Jude Bellingham.
Foto: EPA-EFE/FRIEDEMANN VOGEL
Gelandang Borussia Dortmund dan timnas Inggris, Jude Bellingham.

REPUBLIKA.CO.ID, DORTMUND -- Jude Bellingham menunjukkan peningkatan begitu pesat pada musim ini. Gelandang berusia 19 tahun itu tampil cukup matang di tengah lini tengah timnas Inggris di sepanjang gelaran Piala Dunia 2022. Pun dengan peran krusial Bellingham di lini tengah Borussia Dortmund pada musim ini.

Alhasil, ketertarikan klub-klub besar Eropa terhadap eks gelandang Birmingham City tersebut semakin besar. Pemain yang telah mengemas 10 gol dan enam assist dari 34 penampilan di semua ajang pada musim ini tersebut menjadi rebutan klub top Eropa, tidak terkecuali klub asal Inggris.

Baca Juga

Liverpool, Manchester City, Manchester United, dan Chelsea dikabarkan begitu bernafsu untuk membawa kembali Bellingham berkiprah di Inggris. Klub-klub tersebut siap bersaing bahkan berperang harga biaya transfer demi bisa mendatangkan Bellingham pada bursa transfer awal musim depan.

Kendati begitu, Dortmund sepertinya belum siap melepas pemain yang masih terikat kontrak hingga 2025 tersebut. Die Borussen dilaporkan masih berharap bisa mempertahankan Bellingham dan membujuknya menandatangani kontrak anyar. Dortmund pun memiliki strategi agar tawaran perpanjangan kontrak tersebut bisa diterima Bellingham.

''Dortmund memiliki rencana rahasia untuk bisa mempertahanan Bellingham, yaitu dengan menawarkan kenaikan gaji hingga mencapai 150 persen. Dengan begitu, Bellingham akan mendapatkan gaji sebesar 13 juta poundsterling per pekan dari Dortmund,'' tulis laporan Bild, Rabu (29/3/2023).

Apabila menerima tawaran dari Dortmund tersebut, termasuk dengan kenaikan gaji itu, Bellingham akan menjadi pemain dengan gaji termahal di sepanjang sejarah Dortmund. Namun, Dortmund juga tidak mau begitu saja kehilangan keuntungan dari kemungkinan penandatangan kontrak anyar Bellingham tersebut.

Selain menambah durasi kontrak, Dortmund akan mencantumkan nilai klausa pelepasan Bellingham hingga mencapai 130 juta poundsterling. Dengan nilai klausa pelepasan ini, klub-klub peminat Bellingham diharapkan bisa berpikir dua kali sebelum berupaya memboyongnya dari Stadion Signal Iduna-Park.

Pada bulan lalu, Direktur Olahraga Dortmund, Sebastian Kehl, mengungkapkan keinginan Dortmund untuk bisa mempertahankan pemain yang direkrut dari Birmingham City dengan nilai transfer dilaporkan mencapai 25 juta poundsterling pada 2020 silam tersebut. Namun, Kehl juga tidak menepis soal adanya mekanisme pasar yang bisa membuat Dortmund terpaksa melepas Bellingham.

''Tentu, kami ingin mempertahankan dia selama mungkin. Namun, dengan mekanisme pasar di bursa transfer, sesuatu bisa berbuah. Jadi, harapan terbesar kami adalah mempertahankannya. Saya tidak bisa bilang, apakah hal itu (Bellingham bertahan di Dortmund) benar-benar terjadi,'' ujar Kehl menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement