Sabtu 25 Mar 2023 08:51 WIB

Koalisi Perubahan Pertimbangkan Tokoh NU Jadi Cawapres Anies, Ada Khofifah dan Yenny Wahid

Koalisi Perubahan menyerahkan keputusan cawapres kepada Anies Baswedan.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Agus raharjo
Ketua dari tim Anies Baswedan, Sudirman Said bersyukur telah resminya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang secara resmi menyatakan sikapnya, di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (30/1).
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Ketua dari tim Anies Baswedan, Sudirman Said bersyukur telah resminya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang secara resmi menyatakan sikapnya, di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (30/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perwakilan Anies Rasyid Baswedan, Sudirman Said mengakui tidak mungkin dalam pembahasan calon wakil presiden (cawapres) Koalisi Perubahan untuk Persatuan tak mempertimbangkan Nahdlatul Ulama (NU). Ia menegaskan, NU adalah salah satu organisasi masyarakat Islam yang besar di Indonesia.

"NU organisasi yang terbesar, sangat layak apabila masyarakat memertimbangkan itu sebagai suatu opsi. Tapi nanti akhirnya mengerucut pada lima kriteria itu. Mana yang paling pas? kita juga memerhatikan kerentanan politik dari masing-masing orang," ujar Sudirman di Kantor Sekretariat Koalisi Perubahan, Jakarta, Jumat (24/3/2023).

Baca Juga

Setidaknya, tim kecil dari Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sudah mengerucutkan lima kriteria untuk pendamping Anies. Pertama adalah sosok yang secara elektabilitas cukup tinggi dan memiliki kerentanan politik rendah.

"Dua, figur itu diharapkan bisa membantu dalam menjalankan pemerintahan yang efektif. Tiga, figur itu bisa menjaga keseimbangan koalisi," ujar Sudirman.

 

Keempat, sosok tersebut harus memiliki visi yang sama dengan Anies. Terakhir adalah mampu bekerja sama sebagai dwi tunggal, baik saat menghadapi Pilpres 2024 hingga ketika terpilih sebagai pemimpin periode selanjutnya.

"Itu kita timbang semuanya, dan mencari yang terbaik, mendengar masyarakat. Insya Allah waktunya masih cukup, seluruh tahapan yang digambarkan dalam timeline dibicarakan dengan sangat terbuka," ujar Sudirman.

Wakil Ketua Majelis Syura PKS, Mohamad Sohibul Iman menegaskan Koalisi Perubahan menyerahkan keputusan terkait calon wakil presiden kepada Anies. Namun, ia tak membantah bahwa sejumlah nama yang beredar dipertimbangkan tim kecil Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS.

Nama-nama tersebut adalah Wakil Ketua Majelis Syura PKS Ahmad Heryawan, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Selanjutnya, ada mantan panglima TNI Jenderal Purnawirawan Andika Perkasa, hingga putri dari Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid alias Gusdur, yakni Zannuba Ariffah Chafsoh atau akrab disapa Yenny Wahid.

"Ya kan sebetulnya nama-namanya sudah beredar," ujar Sohibul di lokasi yang sama.

Kendati demikian, tim kecil akan menjaring aspirasi masyarakat terkait cawapres tersebut. Hasil aspirasi tersebut akan disusun menjadi suatu kriteria dari pendamping Anies pada Pilpres 2024.

"Ini akan melanjutkan mendengarkan suara masyarakat untuk mencari calon wakil presiden yang paling pantas mendampingi Bapak Anies Rasyid Baswedan. Memang kami sudah merumuskan mekanisme tentang penetapannya, tapi tetap kami akan mendasarkan utamanya kepada suara-suara dari masyarakat," ujar Sohibul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement