Doa Ziarah Kubur yang Diajarkan Nabi Muhammad kepada Sahabat

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 17 Mar 2023 10:41 WIB

Warga berziarah ke makam keluarganya di TPU khusus Covid-19 Rorotan, Jakarta Utara, Senin (2/5/2022). Doa Ziarah Kubur yang Diajarkan Nabi Muhammad pada Sahabat Foto: Republika/Thoudy Badai Warga berziarah ke makam keluarganya di TPU khusus Covid-19 Rorotan, Jakarta Utara, Senin (2/5/2022). Doa Ziarah Kubur yang Diajarkan Nabi Muhammad pada Sahabat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjelang bulan suci Ramadhan, umat Islam umumnya melakukan ziarah kubur. Saat ziarah kubur, orang-orang biasanya mendoakan orang yang wafat.

Di samping itu, orang yang masih hidup bisa lebih mengingat kematian saat melakukan ziarah kubur. Bahwa dirinya juga suatu saat nanti akan dikubur, sehingga harus mempersiapkan diri untuk menjemput kematian yang pasti.

Baca Juga

Dalam Shahih Muslim dijelaskan Nabi Muhammad SAW mengajarkan doa ziarah kubur kepada para sahabat. Rasulullah SAW mengajarkan kepada mereka (para sahabat) apa yang mesti mereka kerjakan apabila mereka hendak ziarah kubur. Maka salah seorang dari mereka membaca doa sebagaimana yang tertera dalam riwayat Abu Bakar.

Doa Ziarah Kubur yang Diajarkan Nabi Muhammad pada Sahabat

Assalaamu 'alaa ahlid diyaar. (Riwayat Abu Bakar)

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ، وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللَّهُ بِكُمْ لاَحِقُونَ، أَسْأَلُ اللَّهَ الْعَافِيَةَ لَنَا وَلَكُمْ

Assalaamu 'alaa ahlad diyaari minal mu'miniina wal muslimiin wa innaa insyaa allahu bikum laahiquun asalullaha lanaa walakumul aafiyah. (Riwayat Zuhair bin Harb).

“Semoga keselamatan tercurah bagi penghuni (kubur) dari kalangan orang-orang Mukmin dan Muslim dan kami Insya Allah akan menyusul kalian semua. Saya memohon kepada Allah bagi kami dan bagi kalian keselamatan.”

Di hadits lainnya diceritakan Rasulullah SAW mendoakan orang yang telah meninggal dunia di Baqi. Baqi adalah pemakaman utama yang terletak di Madinah, Arab Saudi.

كانَ رسولُ اللَّهِ صلَّى اللَّهُ عليْهِ وسلَّمَ كلَّما كانت ليلتُها من رسولِ اللَّهِ صلَّى اللَّهُ عليْهِ وسلَّمَ يَخرُجُ في آخرِ اللَّيلِ إلى البقيعِ فيقولُ السَّلامُ عليْكم دارَ قومٍ مؤمِنينَ وإنَّا وَإيَّاكم متواعِدونَ غدًا أو مواكِلونَ وإنَّا إن شاءَ اللَّهُ بِكم لاحقونَ اللَّهمَّ اغفِر لأَهلِ بقيعِ الغرقَدِ

Aisyah berkata, pada malam gilirannya bersama Rasulullah SAW, di akhir malam Rasulullah SAW keluar ke Baqi dan mengucapkan, "Semoga keselamatan atas kalian wahai para penghuni (kuburan) dari kaum Mukminin. Apa yang dijanjikan Allah kepada kalian niscaya akan kalian dapati esok (pada hari kiamat), dan kami insya Allah akan menyusul kalian. Ya Allah ampunilah penduduk Baqi yang mati tenggelam." (HR Muslim).