Jumat 10 Mar 2023 03:45 WIB

Infografis Tiga Kepribadian Nabi Muhammad yang Penyayang

Infografis Tiga Kepribadian Nabi Muhammad yang Penyayang.

Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, 

Bapak Rumah Tangga Ramah dan Penyayang

Alih-alih duduk dilayani oleh wanita di hadapannya, Nabi Muhammad akan membantu pekerjaan rumah tangga. Nabi biasa memperbaiki pakaian dan barang pribadinya sendiri. Nabi juga tidak segan-segan mengungkapkan rasa cintanya kepada istri dan putrinya.

 

Sosok Baik Hati dan Peduli

Dikisahkan Anas, “Ketika utusan Allah datang ke Madinah, dia tidak memiliki pembantu. Abu Thalhah (ayah tiri Anas) membawa saya ke utusan Allah dan berkata, “Wahai Rasulullah! Anas adalah anak yang bijaksana, jadi biarkan dia melayanimu.” Jadi, saya melayaninya di rumah dan di perjalanan. Jika saya melakukan sesuatu, dia tidak pernah bertanya mengapa saya melakukannya, dan jika saya menahan diri untuk tidak melakukan sesuatu, dia tidak pernah bertanya mengapa saya menahan diri untuk melakukannya.” (Al-Bukhari dan Muslim)

 

Sosok penyayang anak-anak

Anas yang melayani Nabi SAW memiliki adik laki-laki bernama Abu Umar, yang saya baru saja disapih. Setiap kali dia (anak itu) dibawa ke Nabi, Nabi biasa berkata: 'O Abu Umar! Apa yang dilakukan al nughair (burung bulbul)?' Itu adalah burung bulbul yang biasa dia mainkan.

 

Sumber: About Islam

Pengolah: Ani Nursalikah/Ratna Ajeng Tejomukti

sumber : Republika.co.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement