8 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Tingkatkan Taqwa Selama Ramadhan

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah

Senin 20 Mar 2023 06:15 WIB

Sejumlah umat Islam mengikuti sholat tarawih 30 juz semalam suntuk di Masjid Al Insani Kompleks Anggrek Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (27/4/2022) dini hari. 8 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Tingkatkan Taqwa Selama Ramadhan Foto: ANTARA/Yusran Uccang Sejumlah umat Islam mengikuti sholat tarawih 30 juz semalam suntuk di Masjid Al Insani Kompleks Anggrek Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (27/4/2022) dini hari. 8 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Tingkatkan Taqwa Selama Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada beberapa hal penting yang harus dilakukan selama Ramadhan sehingga Anda dapat memanfaatkannya dengan lebih baik dan untuk mencapai tujuan sebenarnya, yaitu takwa. Hal ini merupakan beberapa pengingat dan semuanya diambil dari pedoman yang diberikan kepada umat dalam Alquran dan Sunnah.

Dilansir dari About Islam, berikut delapan hal yang dapat dilakukan untuk takwa yang lebih baik di bulan Ramadhan.

Baca Juga

8 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Tingkatkan Takwa Selama Ramadhan

1. Niat

Ingatkan diri lagi dan bahwa Anda berpuasa dalam ketaatan kepada Allah. Bersikaplah tulus dalam niat. Anda ingin Allah menerima puasa tersebut Nabi Shallallahu alaihi wa sallam mengatakan:

“Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa yang telah lalu akan diampuni.” (Al-Bukhari)

2. Sunnah

Perhatikan sunnah dalam berpuasa. Makanlah sahur sesaat sebelum fajar dan akhiri puasa Anda saat matahari terbenam. Patuhi semua aturan puasa.

3. Wara (menjauhi segala yang haram atau makruh)

Sadarlah untuk memiliki makanan halal, penghasilan halal, relasi halal. Hindari selalu menonton program televisi, video, film, dan lainnya yang buruk, tetapi terutama selama bulan ini. Jaga tubuh dan pikiran Anda sangat bersih. Hindari membuang-buang waktu untuk hal-hal dan pengejaran yang tidak berguna.

4. Alquran

Habiskan lebih banyak waktu dengan Alquran. Baca Alquran setiap hari. Cobalah untuk menyelesaikan seluruh Alquran setidaknya satu kali selama bulan ini dalam bacaan pribadi Anda sendiri. Baca beberapa hadits dan buku-buku sirah.