Selasa 07 Mar 2023 20:24 WIB

Sudahkah Kita Memenuhi Syarat Agar Mendapat Pertolongan Allah?

Allah akan menolong kita.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Amal baik karena Allah SWT (ilustrasi)
Foto: republika
Amal baik karena Allah SWT (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Jika menolong agama Allah, maka pasti Allah akan menolong kita. Menurut Doktor di bidang Tafsir dan Ilmu Alqur’an Universitas Al Azhar Mesir, Ustaz Fahmi Salim, inilah yang dijanjikan Allah dan janji itu adalah sesuati yang haq atau pasti.

Pertanyaannya, apakah kita sudah memenuhi syarat untuk menjadi hamba yang mendapatkan pertolongan Allah?

Baca Juga

Dalam bukunya yang berjudul “Tadabbur Qur’an di Akhir Zaman”, Ustaz Fahmi Salim menjelaskan, untuk mendapatkan pertolongan Allah membutuhkan persiapan-persiapan yang harus dilakukan. Karena, menurut dia, tidak mungkin pertolongan Allah hadir jika masih terus menerus melakukan kemaksiatan.

Selain itu, lanjut dia, mustahil juga pertolongan Allah datang jika berdiam diri terhadap kemungkaran. “Pertolongan Allah membutuhkan komitmen dari kita untuk berani berjuang dan berkorban membela agama-Nya.

Menurut Ustaz Fahmi, syarat untuk mendapatkan pertolongan Allah juga disebutkan dalam surat Al Hajj.

اَلَّذِيْنَ اِنْ مَّكَّنّٰهُمْ فِى الْاَرْضِ اَقَامُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتَوُا الزَّكٰوةَ وَاَمَرُوْا بِالْمَعْرُوْفِ وَنَهَوْا عَنِ الْمُنْكَرِۗ وَلِلّٰهِ عَاقِبَةُ الْاُمُوْرِ

“(Yaitu) orang-orang yang jika Kami teguhkan kedudukan mereka di muka bumi, niscya mereka mendirikan sholat, menunaikan zakat, menyuruh berbuat yang makruf dan mencegah dari perbuatan yang mungkar, dan kepada Allah-lah kembali segala urusan.” (QS Al Hajj [22]: 41).

Jadi, menurut Ustaz Fahmi, ciri-ciri orang yang akan mendapatkan pertolongan Allah SWT antara lain, mendiirkan sholat, menunaikan zkat, mengajak kepada kebaikan, dan mencegah kemungkaran. “Empat kategori ini lah yang menjadi kunci untuk mendapatkan pertolongan Allah,” jelas Ustaz Fahmi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement