Senin 20 Feb 2023 17:04 WIB

Tiga Doa di Malam Nishfu Syaban

Malam nishfu Syaban momentum baik untuk berdoa dan meningkatkan ibadah.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi berdoa di malam nishfu syaban.
Foto: Republika/Prayogi.
Ilustrasi berdoa di malam nishfu syaban.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Malam Nishfu Syaban adalah malam dari setengahnya bulan Sya'ban. Kalau dirujuk kepada kalender Qamariyyah, maka malam Nishfu Sya'ban jatuh pada tanggal 14 Sya'ban. Menukil buku Malam Nisyfu Syaban karya Hanif Luthfi salah satu amalan yang dapat dilakukan di malam Nishfu Syaban adalah memanjatkan doa, tiga doa yang sering diajarkan para ulama untuk dipanjatkan antara lain, 

Pertama, Ibnu Umar

Baca Juga

Imam Baihaqi meriwayatkan hadis dari Ibnu Umar bahwa ada lima malam yang termasuk malam dikabulkannya doa. Sebagaimana riwayat:

عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ خَمْسُ ليَالٍ لا يُرَدُّ فِيهِنَّ الدُّعَاءُ: لَيْلَةً

 

الْجُمُعَةِ، وَأَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ رَجَبَ، وَلَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ، وَلَيْلَةُ الْعِيدِ وَلَيْلَةُ النَّحْرِ" (شعب الإيمان، 288/5)

Dari Ibnu Umar berkata, lima malam yang mana doa tidak akan ditolak; malam jum'at, malam pertama bulan Rajab, malam Nishfu Sya'ban, malam idul fitri, malam idul adha.

Kedua, Imam Syafi'i

Hal yang sama juga disampaikan oleh Imam Syafi'i. Beliau menyebutkan hampir persis seperti yang disampaikan oleh Ibnu Umar. Sebagaimana Imam Syafi'i sampaikan dalam kitabnya al-Umm:

(قَالَ الشَّافِعِيُّ) : وَبَلَغَنَا أَنَّهُ كَانَ يُقَالُ: إِنَّ الدُّعَاءَ يُسْتَجَابُ فِي لَيْلَةِ الْجُمُعَةِ، وَلَيْلَةِ الْأَضْحَى، وَلَيْلَةِ الْفِطْرِ، خَمْسِ لَيَالٍ فِي وَأَوَّلِ لَيْلَةٍ مِنْ رَجَبٍ، وَلَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ... (قَالَ الشَّافِعِيُّ : وَأَنَا أَسْتَحِبُّ كُلَّ مَا حُكِيَتْ فِي هَذِهِ اللَّيَالِي مِنْ غَيْرِ أَنْ يَكُونَ فَرْضًا.

Imam Syafi'i berkata: Telah sampai kepada kami bahwa doa dikabulkan pada lima malam; malam jum'at, malam iduul adha, malam idul fitri, malam pertama bulan Rajab, dan malam Nishfu Sya'ban. Imam Syafi'i berkata: Saya menyukai apa saja yang dikabarkan tentang malam-malam ini, meski tidak fardhu.

Ketiga, Berdoa dan Baca Yasin Saat Malam Nisfu Sya'ban

Berdoa di malam nishfu Sya'ban, mereka membaca Surat Yasin terlebih dahulu.

Hal itu hanya kebiasaan saja bagi sebagian kalangan, dan urutan zikir dari para ulama ahli kebaikan untuk mereka sendiri. Hal itu tak masalah. Sebagaimana diungkapkan oleh Muhammad bin Muhammad Darwisy as Syafi'i , dalam kitabnya Asna al Mathalib fi Ahadits Mukhtalifat al Maratib,

وَبِالْجُمْلَةِ فَعدَّة ما ورد في لَيْلَة نصف شعبان يدل على فضلها كما ذكره أهل العلم، وأما قراءة سورة يس ليلتها بعد المغرب، والدُّعاء المشهور فمن ترتيب بعض أهل الصلاح من عند نفسه قيل: هو البونِي، وَلَا بَأس يمثل ذلك. 35

Sejumlah hadis tentang keutamaan malam nishfu Sya'ban menunjukkan bahwa memang malam itu benar-benar memiliki keutamaan. Adapun membaca Surat Yasin setelah maghrib pada malam Nishfu Sya'ban, dilanjutkan dengan doa yang masyhur, maka itu termasuk urutan yang dibuat oleh para ulama ahli kebaikan untuk diri mereka sendiri. Hal itu tidaklah bermasalah.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement