Ahad 19 Feb 2023 11:00 WIB

Hal Penting yang Perlu Diketahui tentang Bulan Syaban

Umat Islam akan memasuki bulan Syaban.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
 Hal Penting yang Perlu Diketahui tentang Bulan Syaban. Foto:   Infografis Amalan di Bulan Syaban
Foto:

 

Puasa di bulan Sya'ban

Sha'ban adalah bulan di mana Nabi Muhammad SAW biasa berpuasa sunnah paling banyak dan puasa Sya'ban sangat penting bagi umat Islam.

Aisyah Radiallahu anhu mengatakan, "Rasulullah SAW biasa berpuasa (terus menerus) sehingga kami mengatakan bahwa dia tidak akan membatalkannya, dan dia tidak berpuasa sama sekali sampai kami mengatakan bahwa dia tidak akan berpuasa. Dan aku tidak melihat Rasulullah menyelesaikan puasa sebulan, kecuali Ramadhan, dan aku tidak melihat dia berpuasa lebih banyak di bulan lain selain bulan Sya'ban. (HR Muslim).

Jika kamu sedang mencari cara untuk mempersiapkan Ramadhan dan melakukan perbuatan yang diridhoi Allah SWT selama bulan di mana amal dinaikkan, tidak ada cara yang lebih baik selain mengikuti teladan Nabi Muhammad SAW.

“Dan barangsiapa mencintai sunnahku, dia telah mencintaiku; dan siapa pun yang mencintaiku akan bersamaku di surga. (HR At-Tirmidzi).

Sebagai bulan Nabi Muhammad SAW, mengikuti sunnah dan puasa di bulan Sya'ban sangatlah penting.

Banyak umat Islam juga berpuasa di bulan Sya’ban sebagai cara mengqodo puasa Ramadhan sebelumnya sebelum Ramadhan berikutnya dimulai.

Puasa yang dianjurkan di bulan Sya’ban tahun 2023 ada di mana saja sepanjang 21 Februari hingga 22 Maret 2023. Pada 7 Maret adalah tanggal 15 Sya’ban.

Keutamaan Sya'ban

Ramadhan adalah bulan dimana umat Islam diwajibkan berpuasa selama 30 hari. Bagi banyak orang, ini adalah kesempatan untuk mengatur ulang kondisi fisik, spiritual, dan mental seorang Muslim sambil mengabdikan diri untuk beribadah dan melaksanakan perintah-perintah Allah SWT.

Namun, seperti tugas apapun yang dilakukan dengan baik, itu membutuhkan beberapa pelatihan.

Itu sebabnya Sya’ban adalah waktu yang tepat untuk mempersiapkan diri untuk mencapai perhatian, kesadaran, dan disiplin diri yang ditawarkan Ramadhan.

Sya’ban sering dianggap sebagai bulan terabaikan karena letaknya di antara dua dari empat bulan suci, Rajab dan Ramadhan.

Namun, Nabi Muhammad SAW menganggapnya sebagai bulan yang istimewa untuk persiapan Ramadhan dan bulan itu memiliki banyak manfaat yang bisa kita peroleh.

Ini adalah bulan yang penting untuk mencari pengampunan, menerapkan lebih banyak sunnah dalam hidup kita, meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah sehingga kita dapat menuai pahala Ramadhan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement