Rabu 08 Feb 2023 22:00 WIB

Ridwan Kamil Pastikan Bandara Kertajati Berangkatkan Haji 2023

Sebagian jamaah haji dari Jawa Barat berangkat dari Bandara Kertajati.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Ridwan Kamil Pastikan Bandara Kertajati Berangkatkan Haji 2023. Foto: Jamaah umroh yang terbang perdana dari Bandara Kertajati, Jawa Barat, Ahad (20/11/2022).
Foto: Dok Republika
Ridwan Kamil Pastikan Bandara Kertajati Berangkatkan Haji 2023. Foto: Jamaah umroh yang terbang perdana dari Bandara Kertajati, Jawa Barat, Ahad (20/11/2022).

IHRAM.CO.ID, CIREBON -- Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, dipastikan akan digunakan untuk memberangkatkan calon jamaah haji (calhaj) pada 2023 ini.

Hal itu diungkapkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Dia menyatakan, kepastian pemberangkatan haji pada tahun ini melalui BIJB Kertajati itu diperolehnya usai mengikuti rapat dengan dirjen haji.

Baca Juga

‘’Saya sudah rapat dengan dirjen haji. Insya Allah musim haji ini kita (calhaj) berangkat dari Kertajati,’’ ujar gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu, saat ditemui di Kota Cirebon, Selasa (7/2/2023).

Kang Emil mengakui, sebelumnya ada sejumlah kekurangan sedikit dalam penggunaan BIJB untuk keberangkatan haji. Seperti misalnya, ada jalan akses dari sebuah titik di bandara yang belum diaspal, namun kini sudah diaspal.

Selain itu, ada fasilitas di Asrama Haji Indramayu yang belum beres pada dindingnya, juga sudah diberesi.

‘’Jadi hal-hal kecil yang bukan fundamental,’’ tukas Kang Emil.

Kang Emil menambahkan, selain untuk memberangkatkan haji, penerbangan reguler di Bandara Kertajati juga sudah mulai berjalan sejak November tahun lalu. Meski dia mengakui, frekuensi penerbangannya belum sebanyak yang diharapkan.

‘’Nunggu (tol) Cisumdawunya beres. (Kalau sudah beras), maka penerbangannya jumlahnya akan makin banyak,’’ cetus Kang Emil.

Kang Emil menyatakan, Tol Cisumdawu akan segera dibuka satu bulan lagi. Setelah Tol Cisumdawu dibuka, maka penerbangan di BIJB Kertajati diyakini akan bertambah aktif. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement