Rabu 01 Feb 2023 06:00 WIB

Anugerah Satu Abad NU, Erick Thohir: Ini Bersejarah dan Penuh Makna

Sejumlah tokoh mendapatkan Anugerah Satu Abad NU.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Ketua Pelaksana Harlah Satu Abad NU Yenny Wahid (kiri) didampingi Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) memberikan sambutan saat Anugerah Satu Abad NU di Theater Indonesia, TMII, Jakarta, Selasa (31/1/2023) malam. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar malam Anugerah Satu Abad NU sebagai ajang pemberian penghargaan kepada pihak-pihak yang berjasa dalam membesarkan NU.
Foto: ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha
Ketua Pelaksana Harlah Satu Abad NU Yenny Wahid (kiri) didampingi Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) memberikan sambutan saat Anugerah Satu Abad NU di Theater Indonesia, TMII, Jakarta, Selasa (31/1/2023) malam. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar malam Anugerah Satu Abad NU sebagai ajang pemberian penghargaan kepada pihak-pihak yang berjasa dalam membesarkan NU.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar acara “Anugerah Satu Abad NU” di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur,  Selasa (31/1/2023) malam. Acara ini merupakan rangkaian kegiatan menuju puncak acara Harlah Satu Abad NU yang akan digelar di Sidoarjo pada Selasa (7/2/2023) mendatang.

Ketua Steering Committee (Panitia Pengarah) peringatan satu abad Nahdlatul Ulama (NU), Erick Thohir mengatakan, Anugerah Satu Abad NU ini merupakan acara yang sangat bersejarah dan penuh makna. Dia pun berharap, ke depannya NU terus membangun “kesantrian” di kalangan umat Islam Indonesia.

Baca Juga

“Berbicara anugerah untuk para pejuang NU ini, tadi kita lihat, merupakan acara yang tentu sangat bersejarah juga penuh makna, tetapi juga disisipi bagaimana kekinian,” ujar Erick saat konferensi pers usai acara Anugerah Satu Abad NU di TMII, Jakarta Timur, Selasa (31/1/2023) malam.

Dia pun bersyukur acara ini tidak hanya didukung oleh BUMN, tapi juga beberapa pihak swasta. Karena itu, menurut dia, acara pemberian pengharagaan ini harus terus dilaksanakan setiap tahun. “Ini artinya apa bahwa memang acara-acara seperti ini adalah bagian merajut kebangsaan yang juga memang harus terus dijaga dan harus dikontinyukan setiap tahunnya, nanti insyaAllah kita coba,” kata Erick.

 

Pada malam Anugerah Satu Abad ini, PBNU tidak hanya memberikan kepada para tokoh nasional maupun internasional, tapi juga kepada instansi yang telah memberikan kontribusi terbaiknya kepada umat Islam.

Peraih anungerah ini dibagi menjadi beberapa kategori. Untuk kategori internasional, PBNU memberikan penghargaan kepada Al Azhar Kairo Mesir, Sayyid Abbas bin Abdul Azis, Syaikh Yasin Al Fadani, dan Martin Van Bruinessen.

Untuk kategori nasional, PBNU memberikan penghargaan kepada Ir Soekarno, KH Abdul Wahid Hasyim, KH Abdurrahman Wahid, dan Usmar Ismail. 

Untuk kategori pesantren yang berusia satu abad diberikan kepada 68 pesantren. Di antaranya, Ponpes Salafiyah Syafiiyah Situbondo, Pondok Pesantren Darussalam Martapura Kabupaten Banjar, dan Ponpes Al Kaumani (APIK) Kaliwungu Kendal.

Kemudian, untuk kategori pengabdi sepanjang hayat diberikan kepada Prof KH Ali Yafie, KH Turmudzi Badarudin, Nyai Hj. Machfudhoh Aly Ubaid, dan TGH Tabrani Basri. Lalu, untuk kategori pejuang NU yang menjadi saksi penandatanganan naskah pendirian NU diberikan kepada 25 tokoh.

Tidak hanya itu, anugerah Satu Abad NU juga diberikan kepada KH Said Aqil Siradj sebagai Ketua Umum Tanfidziyah PBNU periode 2010-2021 dan kepada Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin sebagai Rais Aam PBNU. Keduanya mendapatkan anugerah untuk kategori pejuang NU.

Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya menyampaikan bahwa jasa-jasa para tokoh yang mendapat Anugerah Satu Abad NU tersebut telah memberikan kontribusi besar terhadap NU, agama, dan bangsa.

“Jasa-jasa yang sudah diberikan oleh para tokoh yang malam ini kami sebut sebagai mereka yang telah memberikan begitu besar jasa-jasa terhadap NU, terhadap bangsa dan negara dan terhadap kemanusiaan,” jelas Gus Yahya.

“Mudah-mudahan dari pengakuan kami atas jasa-jasa beliau semua itu mendatangkan berkah bagi perjalanan upaya-upaya yang kami akan lakukan selanjutnya,” tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement