Kamis 26 Jan 2023 06:15 WIB

Nama-Nama dan Keistimewaan Bulan Rajab

Bulan Rajab memiliki 18 nama.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Nama-Nama dan Keistimewaan Bulan Rajab
Foto:

"Jadi tidak boleh ada pertempuran antar suku selama bulan-bulan ini, sehingga orang-orang akan menjamin jalan menuju Rumah Suci aman," ujarnya.

Wujud lain dari tidak menganiaya diri sendiri di bulan-bulan suci adalah menghindari berbuat dosa atau menzalimi orang lain. Sebagian ulama mengungkapkan pendapat dengan merujuk firman Allah itu memerintahkan umat Islam untuk tidak menganiaya diri sendiri khususnya di bulan-bulan suci.

Bahwa uang darah yang dibayarkan dalam kasus pembunuhan seseorang secara tidak sengaja dinaikkan sepertiga jika tindakan ini dilakukan di bulan-bulan suci. Namun perlu dicatat bahwa fatwa para ulama tersebut tidak didasarkan pada bukti langsung dari Alquran atau As-Sunnah.

Mengamati puasa sukarela di bulan-bulan suci, termasuk Rajab, dianjurkan. Dalam hal ini, Abu Dawud melaporkan atas otoritas Mujibah Al-Bahilyyah bahwa Nabi Muhammad berkata kepada ayah atau pamannya, "Amati puasa selama beberapa hari di bulan suci dan tinggalkan puasa untuk hari lain." Dia (Nabi Muhammad) mengatakan ini tiga kali, melipat tiga jarinya dan kemudian membukanya setiap kali. Nabi menggunakan tiga jari di sini dimaksudkan untuk menegaskan rekomendasi puasa selama bulan-bulan ini, dan bukan untuk menunjukkan jumlah hari untuk menjalankan puasa di dalamnya.

Oleh karena itu, melakukan perbuatan baik, termasuk puasa, di Rajab umumnya terpuji seperti melakukannya di bulan-bulan suci lainnya. Menurut Ibnu Hajar, tidak ada hadits, baik yang shahih maupun yang baik, yang menyatakan bahwa berpuasa di Rajab memerlukan pahala khusus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement