Selasa 24 Jan 2023 14:52 WIB

PDIP Beri Penghormatan Terakhir untuk M Prakosa

Ratusan orang anggota Satgas PDIP ditugaskan mengawal prosesi upacara pemakaman.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto melepas jenazah M Prakosa di rumah duka, Bantul, Yogyakarta, Selasa (24/1).
Foto: Dok PDIP
Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto melepas jenazah M Prakosa di rumah duka, Bantul, Yogyakarta, Selasa (24/1).

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto, menghadiri pemakaman kader senior PDIP, M Prakosa di Bantul, Yogyakarta, Selasa (24/1/2023). Kehadirannya mewakili Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dan jajaran keluarga besar partai untuk melepas jenazah M Prakosa, yang merupakan duta besar Indonesia untuk Italia tersebut.

“Saya diperintahkan oleh Ibu Megawati untuk mengawal prosesi pemakaman Almarhum Pak Prakosa,” kata Hasto dalam keterangan tertulisnya, Selasa.

Hasto mengatakan, Megawati turut mendoakan kepergian M Prakosa.  Jenazah disemayamkan di rumah duka, Pedukuhan Gresik, Kalurahan Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipura, Bantul. Jenazah selanjutnya dimakamkan di kompleks makam keluarga almarhum di Bantul, Yogyakarta.

Hasto mengatakan partai memberikan penghormatan terbaik atas wafatnya Prakosa dengan protokol partai. Dan seluruh jajaran kader PDI Perjuangan mengucapkan duka cita, serta mendoakan arwah beliau semoga dilancarkan jalannya dan diterima di sisi-Nya.

“Kami sungguh kehilangan sosok yang bersahaja, dan untuk itulah partai mengambil suri keteladanan dari seluruh perjuangannya,” ujarnya.

Ratusan orang anggota Satgas PDIP ditugaskan untuk mengawal prosesi upacara pemakaman almarhum Prakosa. Tampak para satgas berbaju hitam dengan baret merah itu berjaga di sepanjang jalan menuju kediaman, bersama dengan warga sekitar. 

Karangan bungadari para tokoh nasional, menteri, serta pejabat negara  berjajar di sepanjang jalan. Dua karangan bunga diletakkan dekat dengan lokasi persemayaman jenazah. Satu karangan bunga dari Megawati, satunya dari Presiden Joko Widodo.

Tampak hadir juga Ketua dan Sekretaris DPD PDIP Yogyakarta Nuryadi serta Totok Hedi Santosa. Tampak pula sejumlah anggota DPR dari Fraksi PDIP seperti Haris Turino dan MY Esti Wijayati.

M Prakosa meninggal dunia di Roma, Italia, pada 17 Januari 2023 lalu. Jenazahnya lalu dibawa dengan pesawat ke Indonesia, dan tiba pada 23 Januari 2023

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement